Jakarta (ANTARA) - Lantun momentum Jayson Tatum bakal menjadi aspek penting dalam sajian final Wilayah Timur NBA antara Miami Heat melawan Boston Celtics yang mulai bergulir Rabu (18/5) WIB esok.

Tatum tak sekali pun absen dalam membantu Celtics menyapu bersih Brooklyn Nets empat gim langsung di putaran pertama, maupun menyingkirkan juara bertahan Milwaukee Bucks lewat tujuh gim sengit semifinal Timur.

Dalam 11 pertandingan itu Tatum memiliki catatan rata-rata 28,3 poin, 6,1 assist, dan 5,6 rebound disertai tingkat konversi 43,8 persen percobaan terbuka dan 38,6 persen dari luar busur.

Gemilangnya penampilan Tatum meneruskan tren Celtics yang bisa dibilang dalam tiga setengah bulan terakhir merupakan tim dengan performa terbaik di liga.

Baca juga: Jayson Tatum bantu Celtics paksa Bucks mainkan Gim 7

Sebagaimana Tatum di Celtics, Jimmy Butler sejauh ini telah menjadi tulang punggung Heat dalam penampilan mereka di playoff.

Sempat absen satu gim di putaran pertama melawan Atlanta Heat, Butler relatif konsisten menyajikan performa terbaiknya tiap melantai dalam 10 pertandingan termasuk saat menyisihkan Philadelphia 76ers di semifinal wilayah.

Butler punya rataan 28,7 poin, 7,6 rebound, dan 5,4 assist disertai tingkat konversi 52,5 persen percobaan terbuka dan 36,4 persen dari luar busur.

Pertemuan Heat kontra Celtics adalah ulangan final Timur 2020, yang kala itu dilangsungkan di dalam gelembung COVID-19 di Orlando. Kala itu Heat keluar sebagai pemenang lewat pertarungan enam gim.

Baca juga: Heat dan Celtics siap tarung sengit dalam final Wilayah Timur

Berbeda dengan ketika di gelembung, keuntungan kandang bisa memainkan peranan tersendiri di final Timur kali ini. Heat juga punya rekam jejak positif dalam hal itu, menyapu bersih enam gim kandang di dua putaran sebelumnya, sedangkan dua kali kalah dari tujuh gim di markas sendiri.

Pancamula kedua tim mengalami gangguan cedera di playoff sejauh ini, di mana Kyle Lowry absen dalam enam dari delapan gim terakhir Heat sedangkan Robert Williams III tak tampak dalam empat pertandingan terakhir Celtics.

Lowry diganggu masalah hamstring kaki kirinya dan ketika bermain pada Gim 4 semifinal Timur juga tampak tampil kurang meyakinkan.

Sedangkan Williams mengalami cedera lutut kiri, meski laporan-laporan terkini mengisyaratkan ia lebih dekat untuk kembali melantai ketimbang Lowry.

Ini akan menjadi final wilayah keempat Celtics dalam enam musim terakhir, sedangkan bagi Heat jadi penampilan kedua di tiga musim terakhir.

Pertanyaan yang tersisa kemudian adalah apakah momentum Tatum yang bakal berhasil membawa Celtics mencapai Final NBA pertama mereka sejak 2010, atau konsistensi peran Buler yang akan membantu Heat mewujudkan penampilan kedua di partai puncak NBA dalam tiga musim terakhir.

Baca juga: Grant Williams ciptakan kejutan antar Celtics lewati Bucks

Selanjutnya : pertahanan kontra kedalaman

Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022