Moskow (ANTARA) - Rubel Rusia melemah pada perdagangan Selasa, menjauh dari level tertinggi hampir lima tahun terhadap euro, setelah bank sentral melonggarkan beberapa kontrol modal yang merupakan pendorong utama kekuatannya dalam beberapa minggu terakhir.

Rubel telah menjadi mata uang dengan kinerja terbaik di dunia tahun ini meskipun ada krisis ekonomi skala penuh, meskipun ini karena dukungan buatan dari kontrol yang diberlakukan Rusia untuk melindungi sektor keuangannya pada akhir Februari setelah mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina. .

Pada pukul 07.41 GMT, rubel melemah 0,7 persen pada 63,89 terhadap dolar, menjauh dari level 62,6250 yang dicapai pada Jumat (13/5/2022), level terkuat sejak awal Februari 2020.

Terhadap euro, rubel turun 1,1 persen menjadi 66,50, melayang di dekat level terkuatnya sejak pertengahan 2017 di 64,9425 yang disentuh minggu lalu.

Rubel memangkas kenaikan setelah bank sentral menaikkan batas atas untuk transaksi lintas batas, memungkinkan penduduk Rusia dan nonpenduduk dari negara-negara sahabat untuk menyalurkan mata uang asing ke luar negeri dengan jumlah yang setara hingga 50.000 dolar AS per bulan, dari batas sebelumnya 10.000 dolar AS.

Keputusan bank tidak mungkin segera mengubah keseimbangan kekuatan di pasar, yang mana perusahaan yang berfokus pada ekspor diwajibkan untuk mengonversi 80 persen dari pendapatan mereka karena bank sentral tidak dapat mengintervensi dirinya sendiri setelah Barat membekukan sekitar setengah dari cadangan emas dan valuta asingnya.

Namun, langkah terbaru dari bank sentral dapat dilihat sebagai indikasi bahwa fase reli rubel baru-baru ini dapat segera berakhir, kata Broker BCS, dikutip dari Reuters.

Di pasar saham, indeks RTS berdenominasi dolar turun 0,2 persen menjadi 1.171,6 poin, sedangkan indeks MOEX Rusia berbasis rubel naik 0,5 persen menjadi 2.377,6 poin.

Analis Promsvyazbnk mengatakan indeks MOEX mungkin naik di atas 2.400 pada siang hari.

Baca juga: Rubel Rusia melayang dekat tertinggi lima tahun vs euro, saham naik
Baca juga: Rubel menguat lewati 63/dolar, capai tertinggi baru 5 tahun atas euro
Baca juga: Rubel Rusia capai tertinggi sejak Maret 2020, pasar pantau sanksi baru

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022