Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah rangkuman berita terkini tentang invasi Rusia di Ukraina.

* Komando militer Ukraina mengatakan misi mempertahankan pabrik baja Azovstal yang dikepung pasukan Rusia oleh "para pahlawan zaman kita" di Mariupol telah berakhir. Ukraina berjanji untuk menyelamatkan tentara yang masih terjebak di dalamnya.

* Ukraina mengatakan tentara yang mempertahankan kota terbesar kedua, Kharkiv, telah memukul mundur pasukan Rusia dan bergerak maju sejauh perbatasan dengan Rusia. Presiden Zelenskyy memuji pencapaian itu dan berterima kasih kepada tentara.

* Ukraina mengatakan seluruh garis depan di sekitar Donetsk diserang terus menerus dengan roket. Di wilayah Chernihiv, hantaman rudal di desa Desna menewaskan dan melukai sejumlah orang.

* Rentetan ledakan menggempur Lviv, kata seorang saksi. Sebuah rudal menghantam fasilitas militer tapi tidak ada korban jiwa, menurut kantor Zelenskyy.

* Sebuah desa di Provinsi Kursk di Rusia barat, yang berbatasan dengan Ukraina, diserang oleh Ukraina, kata Gubernur Roman Starovoit, tetapi ada laporan soal korban. 

* Senat AS melakukan pemungutan suara untuk meloloskan bantuan tambahan senilai 40 miliar dolar AS (Rp585,7 triliun) bagi Ukraina.

* Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bukan ancaman bagi Rusia jika Swedia dan Finlandia bergabung dengan NATO, meskipun Moskow memperingatkan pihaknya akan merespons setiap kerja sama militer yang melibatkan negara-negara Nordik di NATO.

* Para menteri luar negeri Uni Eropa gagal menekan Hongaria untuk mencabut hak vetonya terhadap usulan embargo minyak terhadap Rusia.

* Menteri Keuangan Jerman Lindner mengatakan dirinya terbuka pada gagasan untuk menyita aset pemerintah Rusia untuk membiayai rekonstruksi Ukraina.

* "Kami berharap akan mampu menyelamatkan nyawa orang-orang kami… Ukraina memerlukan para pahlawan Ukraina hidup-hidup," kata Zelenskyy tentang para petempur yang mempertahankan Mariupol.


Sumber: Reuters

Baca juga: Rudal hantam infrastruktur militer di wilayah Lviv Ukraina

Baca juga: Buntut invasi Ukraina, McDonald's tinggalkan Rusia


 

Gumpalan asap terlihat setelah ledakan guncang Lviv Ukraina

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022