Badung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, mendorong seluruh pihak terkait untuk dapat bersama membangun pendidikan anak usia dini (PAUD) yang berkualitas sebagai investasi penting bagi bangsa agar nantinya generasi penerus dapat bersaing dengan negara lain.

"Lingkungan belajar yang berkualitas merupakan salah satu elemen penting dalam kerangka PAUD yang berkualitas. Melalui lingkungan belajar yang berkualitas diharapkan dapat mendorong lahirnya pembelajaran yang bermakna bagi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa dalam keterangan yang diterima di Mangupura, Selasa.

Ia mengatakan, pihaknya juga mendorong pihak-pihak yang terlibat di setiap program yang dijalankan dapat mengantisipasi berbagai hal terkait dengan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang berkualitas di Badung.

Baca juga: Himpaudi Sumsel dorong guru PAUD tingkatkan kualitas

Salah satu program yang dilakukan di Badung untuk meningkatkan kualitas PAUD adalah kegiatan Review Kurikulum Merdeka Bagi Satuan PAUD.

Sekda Adi Arnawa mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya Review Kurikulum Merdeka Bagi Satuan PAUD.

"Kegiatan bertema Berkolaborasi Maju Bersama Membangun PAUD berkualitas ini menjawab tantangan zaman yang selalu berubah dan berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi," katanya.

Bunda PAUD Badung Seniasih Giri Prasta menjelaskan anak usia dini harus mendapatkan pendidikan agar tumbuh dan berkembang menjadi anak yang mempunyai karakter di masa depan.

Baca juga: Ditjen PAUD ingatkan pentingnya literasi kesehatan pada anak

"Usia dini merupakan usia emas artinya kalau anak mendapatkan pendidikan yang tepat maka ke depan akan menghasilkan tunas bangsa yang cerdas dan mampu bersaing di bidangnya," katanya.

Menurut dia, keberadaan PAUD di Badung sangat penting untuk selalu memperhatikan agar seluruh anak bisa mendapatkan pendidikan yang layak pada saat usia emas mereka.

Selain itu, peran penting para pendidik juga sangat diperlukan sehingga anak akan merasa aman dan nyaman ketika mereka berada di dalam pengawasan orang tua.

Baca juga: Bunda PAUD Bali undang Kak Seto gelorakan gerakan mendongeng

"Oleh karena itu, saya berharap agar para ayah bunda dan para pendidik PAUD untuk selalu menjaga dan memberikan pendidikan yang layak dan sebaik-baiknya" ujar Seniasih Giri Prasta.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022