Dukungan konkret Sucofindo yaitu sebagai Lembaga Verifikasi dan Validasi (LVV) Informasi Lingkungan, khususnya melayani jasa Verifikasi dan Validasi (VV) terhadap statement emisi GRK.
Jakarta (ANTARA) - PT Sucofindo siap menjadi Lembaga Verifikasi dan Validasi (LVV) Informasi Lingkungan terhadap Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) untuk mendukung pemerintah dalam mendorong perusahaan memenuhi target Nationally Determined Contribution (NDC) dan Net Zero Emission (NZE).

Direktur Utama PT Sucofindo Mas Wigrantoro di Jakarta, Selasa, mengatakan verifikasi informasi lingkungan emisi GRK ini meliputi statement GRK tingkat organisasi dan kegiatan penurunan emisi (emission reduction dan Removal Enhancement).

Selain itu, LVV PT SUCOFINDO juga melayani informasi lingkungan lain, seperti reduksi emisi, pengelolaan sampah, dan air.

"Dukungan konkret Sucofindo yaitu sebagai Lembaga Verifikasi dan Validasi (LVV) Informasi Lingkungan, khususnya melayani jasa Verifikasi dan Validasi (VV) terhadap statement emisi GRK. Perusahaan kini bisa memastikan statement GRK yang akan dikomunikasikan kepada eksternal serta informasi lingkungan lain, seperti pengelolaan sampah, air, dan beberapa informasi lingkungan lain,” ujar Mas Wigrantoro dalam keterangannya.

Baca juga: Kemenperin dorong industri terus berkontribusi turunkan emisi karbon

Sebagai LVV, tambahnya, pihaknya berkomitmen memelihara prinsip independensi, tanggung jawab, keterbukaan, kerahasiaan, serta kemampuan menanggapi keluhan dan banding, dalam setiap tahapan yang mengacu pada persyaratan LVV.

Hal itu tertuang dalam ISO/IEC 17000 yang mengatur Lembaga Penilaian Kesuaian dengan basis SNI ISO/IEC 17021, SNI ISO/IEC 17065, SNI ISO/IEC 17020, dan SNI ISO/IEC 17029 (menaungi verifikasi/validasi infromasi lingkungan - ISO 14065).

Menurut dia, sebagai Holding BUMN ID Survey, perusahaan juga dilengkapi dengan personil yang kompeten dan berpengalaman. Pelatihan dan sertifikasi terkait LVV telah diberikan kepada verifikator yang tersebar di 28 Cabang PT Sucofindo di seluruh Indonesia meliputi SNI ISO/IEC 17029, ISO 14065 dan ISO 14064 series.

Baca juga: Strategi B20 perangi krisis iklim dan kejar target emisi nol bersih

Kepala Strategic Business Unit Sertifikasi dan Eco Framework PT Sucofindo, Budi Utomo menambahkan kelebihan perusahaan yang telah memiliki laporan Verifikasi dan Validasi (VV) Informasi lingkungan terhadap statement emisi dan/atau pengurangan emisi GRK mampu meningkatkan kepercayaan publik.

"Informasi tersebut dapat dilaporkan secara berkala dalam laporan berkelanjutan (Sustainability Report), pemenuhan peraturan Pemerintah Indonesia (misal POJK No. 51/POJK.03/2017) dan/atau investor," katanya.

Pewarta: Subagyo
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022