Wanita pemohon SIM dilayani khusus

Wanita pemohon SIM dilayani khusus

Sejumlah polantas jajaran Satlantas Polrestabes Surabaya, menunjukkan piagam penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) 'Pelayanan Perpanjangan SIM 24 Jam Selama 7 Hari Non Stop', di Taman Bungkul Surabaya, Selasa (26/9). (FOTO ANTARA/Eric Ireng)

... ini salah satu kebijakan yang diambil kepolisian di seluruh Indonesia dalam rangka melakukan pelayanan khusus bagi perempuan pemohon pembuatan SIM...
Ngabang, Kalimantan Barat (ANTARA News) - Persamaan gender juga dilakukan serius jajaran kepolisian, salah satunya memberi hari khusus pelayanan bagi perempuan pemohon SIM baru atau memperpanjang dokumen penting itu. 

Hal itu juga dilakukan Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Landak, Kalimantan Barat, dalam program yang tidak mudah dicarikan padanan bahasa Indonesianya: Women Care Day (WCD). "Program ini salah satu kebijakan yang diambil kepolisian di seluruh Indonesia dalam rangka melakukan pelayanan khusus bagi perempuan pemohon pembuatan SIM," kata Kepala Satuan Lantas Polres Landak, AKP Damianus DS, di Ngabang, Minggu.

Penunjukkan hari Jumat itu dikarenakan memberikan pelayanan khusus kepada wanita, yang harus melakukan pekerjaan rumah tangganya dan terkadang tidak memiliki waktu luang. Jumat memang menjadi hari yang ditetapkan dalam Program WCD itu.

"Kadang kita bisa lihat kalau hari biasa antrian pembuatan SIM, baik laki-laki maupun perempuan terlihat penuh sesak. Kalau hari Jumat, jauh-jauh hari mereka sudah bisa rencanakan kapan mereka bisa datang dan membuat SIM," kata Damianus.

Ia menegaskan, SIM bersama STNK merupakan dua dokumen berkendara di jalan yang selalu ditanya polisi kepada para pengendara, terutama saat razia dilakukan. "Sedangkan untuk kendaraannya yang terjaring Polisi juga melakukan pemeriksaan seperti kaca spion, lampu utama, lampu sein dan lainnya," kata Damianus.

Ia berharap kepada masyarakat selaku pengguna kendaraan di Kabupaten Landak dapat mematuhi aturan lalu lintas yang sudah ditetapkan. Jika pengendara tertib tujuannya untuk keselamatan bagi si pengendara itu sendiri.

"Misal menggunakan helm standar, jika tejadi kecelakaan tentu akan menjadi pengaman benturan di bagian kepala. serta peralatan dan kelengkapan kendaraan lainnya semua sangat bermanfaat," tandas Damianus. (ANT-271)

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Polres Pekalongan permudah pembuatan SIM bagi penyandang disabilitas 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar