Jakarta (ANTARA) - Gelaran B20 Sustainability 4.0 Awards, yang jadi salah satu side event B20 Indonesia 2022, akan digelar untuk pertama kalinya guna meningkatkan pengembangan praktik keberlanjutan di lingkup korporasi di Indonesia.

B20 Sustainability 4.0 Awards merupakan bagian dari program kerja sama antara Eropa dan Indonesia yang diprakarsai oleh SwissCham bersama Kadin Indonesia, Eurocham, Britcham, Ekonid, IBAI, IFCCI dan Universitas Trisakti.

"Sustainability Awards bertujuan untuk menghargai upaya dari seluruh sektor swasta yang sudah mengadopsi lingkungan berkelanjutan dan juga untuk menginspirasi lebih banyak perusahaan untuk mengadopsi bisnis yang berkelanjutan," kata Wakil Ketua Umum Kadin Koordinator Bidang Maritim, Investasi dan Hubungan Internasional, Shinta Widjaja Kamdani, yang juga merupakan Ketua Penyelenggara B20 di Jakarta, Selasa.

Hal itu pun sejalan dengan tujuan B20 Indonesia, yaitu mendorong transisi ke net zero untuk dunia yang lebih hijau dan berkelanjutan.

"Sebagai forum komunikasi dan konsultasi antara pelaku usaha Indonesia dengan masyarakat nasional dan internasional, Kadin Indonesia sangat mendorong dunia usaha untuk memanfaatkan forum B20 untuk mengembangkan solusi yang produktif dan inovatif serta meningkatkan kerja sama baik di tingkat sektoral maupun lintas sektoral, nasional dan internasional, sebagai kontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan," imbuhnya.

Penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan kelestarian lingkungan dengan mengidentifikasi dan mengenali proyek-proyek keberlanjutan yang berdampak tinggi dari bisnis swasta di Indonesia.

Penghargaan berfokus pada air bersih, pengurangan plastik dan daur ulang, peran perempuan Indonesia dalam lingkungan. Ada pun fokus lainnya mencakup digital sustainability dan emisi karbon.

Saat ini Kadin tengah mendorong adopsi ESG (environment, social, and good governance) di kalangan dunia usaha, sebagai upaya dekarbonisasi dan peningkatan investasi di sektor usaha yang ramah lingkungan.

Investasi yang mengedepankan aspek-aspek ESG bukan lagi pilihan atau bersifat sukarela. Perilaku konsumen, pasar dan investor yang berubah mengharuskan ESG diterapkan dan ditegakkan oleh pelaku usaha dengan dukungan penuh pemerintah, demi keberlanjutan usaha.

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar Swiss untuk Indonesia dan Timor Leste Kurt Kunz mengatakan Swiss akan terus bermitra dan mendukung upaya Indonesia dalam mencapai pembangunan ekonomi berkelanjutan yang didukung oleh tenaga kerja terampil Indonesia.

"Saya mengajak serta semua perusahaan Swiss di Indonesia untuk berkolaborasi dan berbagi pengetahuan dengan rekan-rekan mereka di Indonesia untuk bersama mewujudkan Sustainable Development Goals (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan)," katanya.

Sementara itu, Duta Besar Uni Eropa (EU) untuk Indonesia Vincent Piket menyatakan apresiasi atas inisiasi B20 Sustainability 4.0 Awards.

Menurutnya, upaya pemerintah dan korporasi yang beroperasi di Indonesia untuk mengembangkan praktik sustainabilitas dalam aspek bisnis perlu didukung oleh semua pihak.

"Kami merasa terhormat bisa menjadi bagian dalam upaya kolektif untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keberlanjutan untuk masa depan yang lebih baik bagi masyarakat, lingkungan dan ekonomi," kata Vincent.

B20 Sustainability 4.0 Awards dirancang bagi mereka yang berusaha menjadikan sustainabilitas sebagai bisnis mereka dengan menyoroti perjalanan keberlanjutan dari peningkatan berkelanjutan dalam proses dan hasil.

Korporasi, UMKM maupun individu, bisa memenuhi syarat untuk menang mewakili pemangku kepentingan dengan kontribusi besar untuk pembangunan berkelanjutan.

Mereka menunjukkan hasil dan bukti yang dapat diverifikasi yang ada atau yang diperkirakan dan inovatif dalam keberlanjutan.

Ada tiga kategori yang akan difokuskan adalah Women in Sustainability (SDG5), Improving Access to Clean Water (SDG6), dan Reduction of Reuse of Plastic (SDG12).

Seremonial pemilihan pemenang B20 Sustainability 4.0 Awards rencananya akan dilaksanakan pada akhir Oktober 2022, sebagai bagian dari gelaran side event B20 Indonesia 2022 yang diselenggarakan oleh Kadin.

Baca juga: Kadin terus koordinasi dengan pemerintah antisipasi krisis global

Baca juga: Delegasi B20 "roadshow" ke AS-Kanada gaet investasi energi hijau


Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022