Ujian hari pertama ini terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama sebanyak 526 peserta dan sesi kedua 512 peserta
Bandarlampung (ANTARA) - Sebanyak 1.038 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2022 di Institut Teknologi Sumatera (Itera) Lampung hari pertama.

"Ujian hari pertama ini terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama sebanyak 526 peserta dan sesi kedua 512 peserta," kata Koordinator Pelaksana UTBK Itera, Alviyanda, S.T., M.T., di Lampung Selatan, Selasa.

Ia menyampaikan bahwa dalam setiap sesi, peserta diharapkan sudah hadir 60 menit sebelum waktu ujian berlangsung dengan mengikuti beberapa tahapan pengecekan syarat dan kelengkapan mulai dari identitas dan kartu peserta.

Baca juga: Senat Itera tetapkan tiga calon rektor periode 2022-2026

"Selain itu peserta juga akan dicek status vaksinasinya dengan memindai aplikasi PeduliLindungi, dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 selama di lokasi ujian," kata dia.

Ia mengungkapkan bahwa UTBK di Itera dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei dan 21 Mei 2022 dengan total peserta sebanyak 2.918 orang yang terdiri atas 2.031 peserta Saintek, 649 peserta Doshum, dan 238 peserta Campuran.

"Dalam UTBK kali ini, Itera menyiapkan 600 komputer dengan spesifikasi sesuai yang dipersyaratkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk pelaksanaan UTBK," kata dia.

Baca juga: Lima bakal calon Rektor Itera paparkan visi misi dan program

Pelaksanaan UTBK di Itera, dipusatkan di Komplek Gedung Kuliah Umum (GKU) dan Gedung Laboratorium Teknik (GLT), dengan rincian GLT 1 dan GLT 3 untuk peserta kelompok ujian Saintek dan Soshum, sementara GKU  digunakan  untuk  peserta  kelompok ujian Campuran.

"Terdapat sebanyak 20 blok ujian yang digunakan untuk pelaksanaan UTBK, dengan daya tampung per sesi sebanyak 600 peserta. Dalam pelaksanaan tes, setiap blok akan diawasi ketat oleh dua orang pengawas, sehingga terdapat 40 orang pengawas dari dosen dan tenaga kependidikan," katanya

Sementara itu, Rektor Itera Prof. Dr. -Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU., menekankan agar pelaksanaan UTBK sesuai dengan prosedur yang ditetapkan panitia pusat Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Baca juga: Itera manfaatkan limbah batang sawit jadi pendeteksi kesegaran makanan

Rektor juga mengapresiasi penapisan ketat yang dilakukan panitia Pusat UTBK di Itera kepada seluruh peserta, mulai dari pengecekan identitas, hingga status vaksinasi, hingga menyediakan fasilitas tes antigen bagi peserta dari luar kota yang belum mendapat vaksinasi booster.

Mitra Djamal pun mengimbau peserta dapat mengikuti tes dengan sungguh-sungguh dan jujur, sehingga mendapatkan hasil terbaik. Selain itu, Rektor juga mengimbau peserta tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 selama berada di lokasi tes.

"Allhamdulilah pelaksanaan UTBK hari ini berjalan lancar, panitia juga sudah menerapkan pengecekan peserta secara berlapis dan ketat, serta tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19," ujar Rektor.

Baca juga: Institut Teknologi Sumatera buka dua program studi baru

 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022