saya bisa cari lagi untuk memberikan bedah rumah
Jakarta (ANTARA) - Camat Pademangan Didit Mulyadi menuntaskan rehab rumah petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) difabel di Kelurahan Ancol, Rismawati (24).

Rumah yang sebelumnya hanya terdapat dua ruangan, kini bertambah kapasitasnya menjadi lima kamar. Satu di lantai satu dan empat kamar lagi di lantai dua, kata Didit kepada wartawan di Jakarta Utara, Selasa.

Didit menggelar serah-terima kunci di kediaman wanita tunawicara dan tunarungu tersebut di RT04/RW01 Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Tampak tembok-tembok rumah pun sudah dicat ulang dengan warna krem, termasuk atap yang tadinya kayu triplek yang sudah lapuk, kini sudah berganti dengan jenis baja ringan.

Ia mengatakan sudah janji untuk merehab rumah Risma sejak 6 Maret lalu, karena saat itu dia kagum dengan kerja keras putri ibu Chaterina tersebut.

Baca juga: Pemkot Jakbar bedah 136 rumah tidak layak huni pada 2022

Di tengah keterbatasan yang ada, kata Didit, Risma tetap disiplin bekerja dan mendapat penilaian kinerja yang baik di Kelurahan Ancol.

Hal itu bisa sekaligus menjadi motivasi untuk para pegawai kelurahan di Kecamatan Pademangan agar meniru etos kerja yang dimiliki Risma, sehingga lebih banyak memberikan manfaat di dalam proses pelayanan masyarakat.

"Secara fisik dia memang difabel, tapi secara fisik juga dia bisa mengerjakan kegiatan yang bisa dilakukan oleh orang normal. Saya menyaksikan sendiri, kalau memang Risma berangkatnya rajin, disiplin dari jam 07.00 WIB sudah datang. Pulangnya kadang-kadang telat, selalu jam 17.00 WIB baru dia pulang," kata Didit.

Risma bisa melaksanakan tugas-tugasnya sebagai PPSU Kelurahan Ancol dengan baik berkat kepiawaiannya membaca dan menulis.

Dia tidak menyerah dengan keterbatasan pendengaran dan kemampuan berbicara yang dimiliki, sebab Risma memiliki ponsel dan secarik kertas untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Baca juga: Baznas-Bazis Jaktim bedah dua rumah warga di Duren Sawit

"Karena dia bisa membaca dan bisa menulis," kata Didit.

Didit juga berniat meneruskan program bedah rumah itu kepada warga Kecamatan Pademangan lainnya.

Ia mengucapkan niat itu usai melakukan pengguntingan pita dengan didampingi Lurah Ancol Rusmin, Wakil Camat Pademangan Johan Girsang dan Sekretaris Kecamatan Pademangan Samuel AR.

"Mudah-mudahan nanti ada ke depan, saya bisa cari lagi untuk memberikan bedah rumah yang lebih banyak lagi untuk warga Kecamatan Pademangan. InsyaAllah kalau memang ada, nanti kami akan segera realisasikan," kata Didit.

Ia menambahkan, kriteria untuk jadi sasaran bedah rumah antara lain rumahnya yang mau roboh atau tidak layak huni.

Baca juga: Warga Wijaya Kusuma bersyukur bedah rumah gratis dari Pemkot Jakbar
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022