Jakarta (ANTARA) - Amber Heard menyelesaikan kesaksiannya pada Selasa (17/5) setelah empat hari di persidangan dengan menyebut Johnny Depp sebagai pria yang mencoba membunuhnya.

Heard mempertahankan ketenangannya saat pengacara Depp, Camille Vasquez menuduhnya berbohong dan menyebutnya sebagai pelaku yang sebenarnya.

Vasquez memutar rekaman audio pertengkaran antara pasangan itu dan membacakan catatan cinta yang ditulis Heard kepada Depp setelah dugaan penyerangan.

"Kamu sama sekali tidak takut padanya, kan?" ujar Vasquez kepada Heard seperti dikutip Variety pada Rabu.

"Ini adalah pria yang mencoba membunuh saya. Tentu saja itu menakutkan. Dia juga suamiku," kata Heard menjawab.

Heard membela diri dari gugatan pencemaran nama baik Depp senilai 50 juta dolar Amerika. Tim Depp menuduh bahwa Heard menghancurkan karirnya dengan tuduhan palsu tentang kekerasan fisik dan seksual.

Baca juga: Penuh tangis, Amber Heard tuduh Johnny Depp lakukan kekerasan seksual

Depp memberikan penjelasannya sendiri tentang hubungan mereka selama empat hari di bulan April, dan hasil persidangan sebagian besar akan bergantung pada kesaksian mana yang lebih kredibel menurut juri.

Pihak Heard telah mempresentasikan catatan terapi, foto-foto wajah Heard yang memar dan video Depp yang berteriak dan menghancurkan lemari saat mereka berusaha untuk menguatkan kesaksiannya yang terperinci dan seringkali emosional.

Dalam insiden yang paling meresahkan, Heard bersaksi bahwa Depp menyerangnya secara seksual dengan botol selama perkelahian kejam di Australia pada Maret 2015.

Depp menyangkalnya dan menuduh Heard melemparkan botol ke arahnya selama pertengkaran, yang menghancurkan dan memutuskan ujungnya, jari tengahnya.

Dalam pemeriksaan silangnya, Vasquez memutar audio percakapan antara pasangan itu setelah pertengkaran, di mana Depp mengatakan bahwa dia telah mencoba melarikan diri dari situasi itu dengan mengunci dirinya di kamar mandi, tetapi Heard terus menghampirinya.

"Johnny bukan sejarawan yang akurat tentang apa yang terjadi selama periode waktu itu, saya jamin," kata Heard.

Heard juga mengatakan bahwa Depp kemungkinan memotong ujung jarinya sendiri ketika dia menghancurkan telepon yang terpasang di dinding. Vasquez menantang kesaksian itu.

"Anda yang menyerang seseorang dengan botol di Australia, bukan begitu, Ms. Heard?" tanya Vasquez.

Heard menjawab, "Saya tidak menyerang Johnny di Australia. Saya tidak pernah menyerang Johnny. Saya tidak bisa."

Vasquez memutar rekaman di mana Heard mengaku "memukul" Depp. Heard bersaksi bahwa dia terkadang harus menggunakan tubuhnya untuk membela diri.

Vasquez memutar video kamera keamanan yang menunjukkan Heard dan aktor James Franco naik lift ke apartemen Heard pada 22 Mei 2016. Itu adalah satu malam setelah pertengkaran terakhir antara Heard dan Depp, di mana Depp diduga melemparkan telepon ke wajah Heard dan Depp sehingga polisi dipanggil ke apartemen.

Heard mengajukan gugatan cerai dan mencari perintah penahanan dalam beberapa hari berikutnya.

"Kau membawanya ke penthouse, bukan?" tanya Vasquez.

"Di situlah saya tinggal," kata Heard.

Heard sebelumnya bersaksi bahwa Depp cemburu pada Franco dan menuduhnya setelah dia memfilmkan adegan cinta dengannya untuk film "The Adderall Diaries" pada tahun 2014.

"Dia membenci, membenci, James Franco," ujar Heard dalam kesaksian awal bulan ini.

Depp telah bersaksi bahwa dia mencurigai Franco dan Heard berselingkuh.

Vasquez juga bertanya tentang peran Heard sebagai Mera di "Aquaman", menunjukkan bahwa Depp telah mengamankan peran untuknya.

"Maaf? Tidak, Nona Vasquez, saya mendapatkan peran itu dengan mengikuti audisi," kata Heard.

Heard sebelumnya bersaksi bahwa kariernya hancur akibat dari tuduhan bahwa dia telah berbohong tentang pelecehan tersebut. Dia mengatakan bahwa harus berjuang untuk tetap berada di "Aquaman 2" yang akan dirilis tahun depan, dan perannya telah dikurangi.

"Saya tidak tahu apakah saya akan berada di potongan terakhir atau berapa banyak yang akan saya dapatkan," ujarnya.

Selasa (17/5) pagi, Vasquez meminta juru sita menunjukkan kepada juri pisau yang diberikan Heard kepada Depp sebagai hadiah di awal hubungan mereka. Dia bertanya kepada Heard mengapa dia memberikan hadiah seperti itu kepada seorang pria yang bisa mabuk dan melakukan kekerasan.

"Saya tidak khawatir dia akan menusuk saya dengan itu," kata Heard.

Vasquez memutar audio perkelahian di mana Heard - melalui tawa - menyebut Depp sebagai "barang yang telah terjual" dan "kotoran yang sudah dicuci."

"Saya menyebutnya hal-hal buruk yang mengerikan. Kami berbicara satu sama lain dengan cara yang sangat mengerikan," jelas Heard.

Heard dibayar 7 juta dolar dalam penyelesaian perceraian mereka, yang sebagian disumbangkannya untuk amal. Pada pengalihan, pengacara Heard Elaine Bredehoft mencatat bahwa Depp telah menghasilkan 65 juta dolar pada tahun 2015, dan bahwa Heard akan berhak atas setengahnya, atau 32,5 juta dolar.

"Saya tidak menginginkannya. Saya menyadari bahwa itu adalah hak saya, tetapi saya tidak menginginkannya."

Sidang diperkirakan akan selesai pada 27 Mei 2022 dan kemudian akan diserahkan kepada juri untuk dipertimbangkan.

Baca juga: Amber Heard klaim tak dilibatkan dalam "Aquaman 2"

Baca juga: Mantan pacar Johnny Depp akan bersaksi untuk Amber Heard

Baca juga: Penggemar Johnny Depp tuduh tangisan Amber Heard "palsu" saat bersaksi
 

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022