Denpasar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Karangasem, Bali, meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk tujuh kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2021.

"Ini merupakan bentuk keseriusan kami dalam membangun pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel, sesuai dengan visi dan misi kami," kata Bupati Karangasem I Gede Dana saat penyerahan opini WTP di Gedung DPRD Bali di Denpasar, Selasa.

Penyerahan WTP dilaksanakan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Bali Wahyu Priyono dan diterima langsung oleh Bupati Karangasem I Gede Dana didampingi Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika.

Gede Dana menyampaikan terima kasih kepada BPK atas opini WTP yang telah diraih. Demikian pula ucapan terima kasih kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan kepala OPD di lingkungan Pemkab Karangasem yang telah bekerja keras.

Kemudian dengan teguh menjalankan prinsip "clean governance", transparansi, dan tata kelola keuangan daerah yang baik, cermat dan akuntabel.

Gede Dana menambahkan, opini WTP dari BPK juga merupakan harapan bersama dan tanggung jawab kepada masyarakat Karangasem sebagai sebuah kewajiban dalam menjalankan tata kelola keuangan daerah yang bersih.

"Pencapaian tersebut juga telah melalui perjalanan panjang dalam membangun tata kelola keuangan yang benar sesuai ketentuan," katanya.

Ke depan prinsip pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta kecermatan dalam mengelola keuangan dan aset daerah diharapkan bisa terus dipertahankan oleh masing-masing kepala OPD.

"Saya mengharapkan agar ke depan seluruh kepala OPD terus melakukan inovasi dan melakukan penyempurnaan atas sistem pengendalian internal pemda serta menindaklanjuti apa yang menjadi temuan BPK," ucapnya.

Ia pun meminta seluruh aparat di Pemerintah Kabupaten Karangasem meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, khususnya kesesuaian antara pelaksanaan dengan pertanggungjawaban laporan keuangan.

"Saya juga mengharapkan peran lebih dan kerja keras dari Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dalam mengawal pelaksanaan program pemerintah untuk mewujudkan Karangasem Era Baru yang Pradnyan, Kertha, Shanti dan Nadhi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Bali Wahyu Priyono mengapresiasi kerja keras Pemkab Karangasem bersama DPRD Kabupaten Karangasem, sehingga menghasilkan laporan keuangan yang akuntabel.

Pihaknya berpesan agar Pemkab Karangasem terus menyempurnakan perbaikan terhadap beberapa catatan yang ditemukan, untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan.

"Saya mengapresiasi kinerja seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Bali serta Kabupaten/Kota se-Bali yang telah menyerahkan LKPD tepat waktu, sehingga hasil pemeriksaannya dapat kami serahkan kembali dengan cepat," ujarnya.
Baca juga: DPRD: Opini WTP jangan bikin lengah Palangka Raya kelola keuangan
Baca juga: Pemprov Papua Barat kembali raih predikat WTP dari BPK

 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2022