Jakarta (ANTARA) - Jimmy Butler mencetak 17 dari total 41 poin yang dikemasnya dalam kebangkitan yang heroik pada kuarter ketiga yang mengantarkan tuan rumah Miami Heat menang 118-107 atas Boston Celtics pada Gim 1 final Wilayah Timur pada Selasa malam waktu setempat (Rabu WIB).

Butler juga menyumbangkan sembilan rebound, lima assist, empat steal, dan tiga blok yang membuat Miami mengatasi defisit 13 poin pada kuarter kedua. Heat mengungguli Boston 39-14 pada kuarter ketiga untuk balik unggul 93-76 memasuki kuarter terakhir.

Tyler Herro mencatatkan 18 poin dan delapan rebound, sedangkan Gabe Vincent membukukan 17 poin untuk Miami Heat.

Jayson Tatum mengemas 29 poin, delapan rebound, enam assist, dan empat steal untuk Celtics. Jaylen Brown mencetak 24 poin dan 10 rebound, Robert Williams III menambahkan 18 poin dan sembilan rebound, sementara Payton Pritchard juga mencetak 18 poin untuk Boston.

Baca juga: Warriors vs Mavericks: mengukur tuah magis Luka Doncic
Baca juga: Heat vs Celtics: menanti lantun momentum Jayson Tatum


Gim 2 akan dimainkan Kamis malam waktu setempat atau Jumat pagi WIB lusa di Miami.

Celtics bermain tanpa Pemain Terbaik NBA Tahun Ini, Marcus Smart karena cedera kaki kanan dan Al Horford yang tersangkut protokol COVID-19. Williams menjadi starter menggantikan Horford setelah absen empat pertandingan akibat cedera lutut kiri.

Heat tanpa Kyle Lowry yang mengalami cedera hamstring kiri dan ini absen ketujuh kalinya dalam sembilan pertandingan terakhir.

Max Strus mencetak 11 poin dan Bam Adebayo menambahkan 10 poin serta empat blok untuk Miami. Heat mencatat efektivitas lemparan 48,8 persen termasuk 10 dari 30 tembakan tiga poin.

Boston sendiri mencatat efektivitas 45,6 persen dan berhasil pada 11 dari 34 lemparan tiga poin.

Baca juga: Warriors capai final Barat, Klay Thompson serasa di awang-awang

Miami membuka kuarter ketiga dengan 22-2 untuk mengubah defisit delapan poin pada paruh pertama menjadi unggul 76-64. Boston tak bisa mencetak poin pada 7 menit 7 detik pertama periode ini.

Setelah Celtics mencetak sembilan poin berturut-turut untuk terpaut tiga poin, Heat mengakhiri kuarter itu dengan keunggulan 17-3 sehingga mempertahankan keunggulan 17 poin.

Herro terkena foul saat menembakkan lemparan tiga angka dan melakukan tiga lemparan bebas guna membawa Miami memimpin 96-76 dengan waktu tersisa 10 menit 45 detik.

Boston membalas dengan 10 poin untuk mendekat dalam kedudukan 96-86 melalui dua lemparan bebas Grant Williams ketika waktu tersisa 8 menit 21 detik.

Heat memimpin sampai selisih 13 poin berkat lemparan tiga angka Strus ketika waktu tinggal 3 menit 18 detik, tetapi Celtics mencetak delapan dari 10 poin berikutnya.

Dua lemparan bebas Vincent dan satu layup dari Butler memastikan kemenangan Miami.

Tatum mencetak 21 poin pada paruh pertama ketika Boston memimpin 62-54 saat turun minum, demikian Reuters.

Baca juga: Guard Sixers Danny Green cedera ACL dan LCL di lutut kirinya
Baca juga: Guard Sixers Danny Green cedera ACL dan LCL di lutut kirinya

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022