Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali berharap Universitas Negeri Jakarta (UNJ) terus membangun sumber daya manusia bidang keolahragaan sehingga menjadi tulang punggung pembangunan bangsa.

"Semoga UNJ semakin berkiprah sumbangsihnya, khususnya untuk membangun sumber daya manusia yang unggul dan menjadi tulang punggung pembangunan bangsa," kata Amali dalam keterangan resminya, Rabu.

"Saya sebagai Menpora RI tentu memiliki harapan besar kepada UNJ, kita sekarang sudah memiliki DBON yang selama 76 tahun Indonesia Merdeka kita tidak pernah memiliki desain tentang pembinaan, prestasi olahraga nasional," tambahnya.

Pada Dies Natalis ke-58 UNJ di Jakarta, Selasa, dia menyampaikan orasi ilmiah berjudul "Desain Besar Olahraga Nasional: Cetak Juara Menuju Prestasi Dunia."

Amali mengharapkan UNJ terus berperan aktif mendukung pemerintah dan bersinergi melaksanakan DBON. "Salah satu kita harapkan perannya adalah perguruan tinggi, karena SDM di perguruan tinggi tentu tidak diragukan lagi, sangat lengkap," tuturnya.

Amali menekankan bahwa pembinaan atlet dan cabang olahraga unggulan DBON akan ditempatkan di berbagai perguruan tinggi LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) di daerah-daerah dan UNJ menjadi andalannya.

Baca juga: Okto sebut hasil SEA Games jadi evaluasi pembinaan cabang olahraga

"Faktor kunci keberhasilan dari DBON adalah komitmen pemerintah daerah, tanpa komitmen pemda ini hanya sebatas konsep di atas kertas. Kemudian dukungan anggaran dan sistem penghargaan, kualitas dan kuantitas calon atlet berbakat," kata Amali.

"Selanjutnya kualitas dan kuantitas tenaga keolahragaan, sistem kompetisi berjenjang, pemanfaatan sport science dan ketersediaan sistem informasi olahraga dan prasarana dan sarana olahraga sesuai standar nasional dan internasional," lanjut dia.

Rektor UNJ Prof. Komarudin menyampaikan tema Dies Natalis ke-58 UNJ adalah unggul, mandiri dan bereputasi. UNJ diharapkan memberikan layanan pendidikan berkualitas bertaraf international menuju universitas kelas dunia.

"Salah satu core competence UNJ selain di bidang pendidikan adalah bidang olahraga yang telah menjulangkan nama UNJ pada level nasional dan dunia," kata Komarudin.

UNJ berkomitmen terus mengawal prestasi olahraga nasional dengan mengembangakan berbagai lab olahraga, sport science dan optimalisasi UNJ Sport Complex.

"Untuk informasi sampai hari ini keluarga besar UNJ telah menyumbangkan 3 medali emas, 2 perak dan 2 perunggu bagi Indonesia pada SEA Games 2021 Vietnam," pungkas Komarudin.

Baca juga: SEA Games yang tak lagi sama

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022