Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mendorong agar lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dapat langsung diserap dunia kerja.

Pernyataan itu ia sampaikan saat meninjau kegiatan pembelajaran dan renovasi bangunan ruang kelas di SMKN 24 Cipayung, Jakarta Timur.

Baca juga: DKI targetkan makin banyak lulusan SMK terserap industri

"Kami Pemprov DKI mendorong sekolah-sekolah disamping sekolah umum kita juga punya SMK yang kita siapkan dan kita hadirkan setelah lulus bisa diserap di lapangan pekerjaan," kata Ahmad Riza Patria di Jakarta Timur, Rabu.

Riza menambahkan untuk mewujudkan hal tersebut pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kualitas SMK yang ada di Jakarta.

Untuk itu, dia menyampaikan kepada para orang tua agar jangan ragu untuk mendaftarkan anaknya ke SMK.

Baca juga: Lulusan SMK penyumbang pengangguran tertinggi di Jaksel

"Kami pastikan bahwa kualitas SMK di Jakarta semakin baik ke depan dan bisa langsung menyerap pekerjaan jadi mereka bisa langsung bekerja," ujar Riza.

Riza mengatakan berdasarkan pantauannya ke sejumlah SMK di Jakarta, ia mendapat laporan bahwa banyak siswa yang telah lulus dapat langsung diterima di dunia kerja.

"Alhamdulillah saya kemarin ke SMK 63 juga 100 persen lulusannya diserap oleh industri yang ada. Kemudian di sini di SMK 24 juga Alhamdulillah semuanya lulus dari sekolah bisa diserap lapangan pekerjaan," tutur Riza.

Baca juga: BUMD DKI diharapkan gandeng SMK-BLK untuk atasi pengangguran

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022