Target kami naik 50 persen dibanding tahun lalu,
Jakarta (ANTARA) - PT LG Electronis Indonesia (LGEIN) membidik kenaikan penjualan hingga 50 persen untuk lemari es atau kulkas premium, kelas atas, seiring membaiknya perekonomian di dalam negeri.

"Target kami naik 50 persen dibanding tahun lalu," kata Product Marketing Director of Home Appliance LG Electronics Indonesia Kris Lee pada peluncuran kulkas LG InstaView Door-in-Door secara virtual, di Jakarta, Rabu.

Namun ia tidak menjelaskan berapa penjualan kulkas premium tersebut tahun lalu.  Sejak diluncurkan pertama kali tahun 2016 di seluruh dunia, lemari es LG InstaView tersebut telah terjual sebanyak satu juta unit.

Baca juga: LG Chem kembangkan produk baru cegah kebakaran pada baterai EV

Menurut dia, peluncuran generasi terbaru kulkas premium LG tersebut tidak lepas dari upaya menjawab konsumen kelas atas pada kulkas yang elegan, canggih, sekaligus mampu menjaga kesegaran dan kesehatan makanan dan minuman di dalamnya. "Juga memperkuat gaya hidup premium pemiliknya,” ujar Kris Lee.

Head of Marketing LGEIN Jay Jang menambahkan sejak pandemi COVID-19 kesadaran konsumen pada kesehatan terus meningkat, yang mendorong LG terus mengembangkan fitur-fitur kesehatan ke dalam produknya, termasuk pada kulkas premiumnya. Pada Kulkas LG InstaView tersebut dibenamkan fitur UV Nano yang mampu menekan bakteri, virus, dan jamur pada makanan dan minuman di dalam lemari es.

Terkait strategi pasar Jay Jang menjelaskan pihaknya mengambil dua pendekatan yaitu konsumen yang datang untuk melihat langsung produk premium dan LG pro aktif menggandeng pihak terkait seperti home interior memasarkan produk langsung ke konsumen kelas atas.

"Sama dengan produk premium lainnya, LG menyematkan Artificial Inteligence (Kecerdasan buatan) ThinQ agar konsumen bisa langsung mengontrol produk tersebut, terkait suhu udara pendinginan melalui smartphone," katanya.

Sementara itu Head of Product Marketing Home Appliance LGEIN Rumbi Simanjuntak menjelaskan tiga hal utama yang menjadi pengembangan kulkas premium terbaru LG adalah makin elegan dan modern dengan desain yang unik dimana salah satu panel pintu dapat berubah menjadi layar transparan sesaat hanya dengan mengetuknya dua kali dengan jari dan layarnya 23 persen lebih besar dibanding generasi sebelumnya.

"Ini mengurangi buka pintu kulkas yang dapat melepas banyak udara dingin, sehingga kerja kompresor lebih ringan dan menghemat listrik," katanya.

Kedua, fitur kesehatan di mana LG membenamkan teknologi UVNano yang dapat menghalau bakteri dan jamur pada kulkas, terutama membersihkan saluran air dispenser pada kulkas sehingga terjaga kebersihan dan kesehatannya.

Ketiga, LG menyematkan fitur Hygiene Fresh untuk menghilangkan berbagai bau dalam kulkas dengan sistem filtrasi karbon. "Keberadaan Hygiene Fresh menjadi penting karena tanpa disadari, kemungkinan berbagai partikel merugikan kesehatan dapat saja terikut saat pengguna memasukkannya dalam kulkas," katanya.

Lemari es premium tersebut dibandrol dengan harga antara Rp 19 juta hingga Rp 40 juta/unit.

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022