PDIP: Hentikan kekerasan di Papua

  • Selasa, 13 Desember 2011 18:12 WIB
PDIP: Hentikan kekerasan di Papua
Eva Sundari. (ANTARA/Yudhi Mahatma)
Jakarta (ANTARA News) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menyesalkan tindakan brutal pasukan 8 Brigade Mobil (Brimob) yang menyerang markas TPN OPM di Eduda - Paniai Timur, Papua, yang berada di sekitar perkampungan penduduk dan mengakibatkan pengungsian, ketakutan, dan trauma bagi penduduk sipil.

Sebelumnya, kata politikus PDI Perjuangan, Eva Kusuma Sundari, kepada ANTARA News, Selasa, pembentukan Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP3B) yang mengupayakan dialog antara Jakarta dan Papua tidak mendapatkan dukungan dari Polri dan TNI. Apalagi fakta pendekatan kekerasan terhadap Papua justru membuat situasi semakin memburuk.

Eva yang juga anggota Komisi III DPR RI itu  melihat ketidakseriusan pemerintah dalam menciptakan  kedamaian di Papua. Oleh karena itu, PDI Perjuangan meminta presiden untuk mengoordinasikan jajaran pemerintah agar mematuhi one single policy, yaitu mengedepankan penyelesaian damai dan politik melalui dialog.

"Seyogianya presiden ikut menyelesaikan konflik Papua secara langsung, mengingat potensi kekisruhan Papua berdampak pada keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Eva. (adm)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2011

Komentar

Komentar menjadi tanggung-jawab Anda sesuai UU ITE.

Berita Terkait