Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau yang kerap disapa Bamsoet mengapresiasi prestasi Jefri Setiawan musisi muda berbakat asal Indonesia berusia 16 tahun yang berhasil memecahkan rekor dunia.

"Di balik talenta yang luar biasa, ananda Jefri adalah sosok remaja yang membumi dan nasionalis," kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Jefri Setiawan diketahui sedang berjuang mengharumkan nama Indonesia. Musisi muda itu berhasil memecahkan rekor dunia dengan memainkan piano selama enam jam 35 menit tanpa henti.

Selain itu, ia juga membawakan 170 lagu dengan mata tertutup. Pemecahan rekor bertajuk "Memorizing 170 Songs by Playing Piano Blindfolded" tersebut diselenggarakan pada 18 Mei 2022 di KJRI Dubai. Capaian itu juga dicatat dalam Universal Records Forum (URF) dan The British World Records Forum UK.

Baca juga: MPR apresiasi atensi KBRI di AS terhadap mahasiswa Indonesia

Dari 170 lagu yang akan dimainkan, Jefri akan membawakan lagu karyanya sendiri termasuk berbagai lagu nasional yakni gubahan Ismail Marzuki, L. Manik, Kusbini, C. Simanjuntak dan lain-lain.

"Ini mengisyaratkan bahwa di balik talenta yang luar biasa, ananda Jefri adalah sosok remaja yang membumi dan nasionalis," ujar Bamsoet.

Ketua DPR RI Ke-20 tersebut mengatakan Jefri juga telah memiliki berbagai rekor dunia antara lain pada Maret 2021 berhasil memainkan 150 lagu dengan piano selama tiga jam 45 menit dengan mata tertutup. Prestasi itu juga tercatat dalam dua buku rekor dunia sekaligus yakni America Book of Records dan European Records Book.

Tidak hanya itu, musisi muda dan berbakat tersebut juga sukses menorehkan namanya pada rekor dunia bergengsi Royal Success International Book of Records (RSBIR) untuk kategori Memorizing Songs While Playing Piano dan Blindfolded nonstop.

Pada 24 Oktober 2018, Jefri juga bermain piano dengan membawakan sebanyak 100 lagu dengan mata tertutup selama 3,5 jam berturut-turut yang diselenggarakan di Akademie für Künste ASK-Berlin, Jeman.

"Prestasi itu juga tercatat dalam buku rekor dunia Record Holders Republic," kata Bamsoet.

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kadin Indonesia tersebut berpesan agar Jefri terus berkembang.

Menurutnya, talenta berbakat seperti Jefri Setiawan membutuhkan lingkungan yang kondusif dan dukungan dari berbagai pihak di samping orangtua dan keluarga.

"Dukungan kepada Jefri mengisyaratkan pengakuan kita bersama bahwa Jefri adalah sosok yang inspiratif," ujarnya.

Nama Jefri Setiawan sebagai pianis remaja berbakat asal Indonesia telah dikenal di berbagai belahan dunia, khususnya di negara-negara yang pernah menyaksikan penampilannya.

Ia menambahkan kemampuan Jefri Setiawan memainkan piano dengan mata tertutup selama berjam-jam tanpa henti, adalah simbolisasi dari pesan moral yang penuh makna.

Baca juga: Wakil Ketua MPR: Jadikan 2024 ajang berjuang untuk kepentingan rakyat
Baca juga: MPR: Perlu gerakan benahi tata kelola penanggulangan penyakit langka
Baca juga: Gus Jazil berikan motivasi pada para santri penghafal Al Quran

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022