Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir dorong generasi muda atau milenial untuk menjadi komponen terbesar di BUMN.

“Kenapa kita mau merekrut kalian, karena kita mendorong milenial BUMN untuk menjadi komponen terbesar BUMN khususnya dalam menghadapi perubahan. Kita mau kalian menjadi keluarga kita karena hanya orang-orang terbaik yang dapat bergabung di BUMN. Jadi, kalian yang datang hari ini atau kalian yang diterima adalah orang-orang terbaik yang bisa membangun bangsa dan amanah,” ujar Erick Thohir dalam acara Pembekalan Peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022 di Jakarta, Rabu.

Menurut Menteri BUMN, Rekrutmen Bersama BUMN 2022 memasuki tahap berikutnya. Usai ditutup pada 25 April 2022 lalu, kini pelamar yang lulus seleksi
administrasi akan melanjutkan Seleksi Online Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Core Values BUMN.

Melihat begitu besarnya minat milenial untuk bergabung dan berkontribusi di BUMN, Menteri BUMN Erick Thohir memberi tambahan kesempatan kepada para milenial untuk berkontribusi di BUMN, tidak hanya melalui jalur Rekrutmen Bersama, tetapi juga magang di BUMN.

Erick mengatakan, telah berkoordinasi dengan para Direksi BUMN mengenai hal tersebut.

“Rekrutmen kali ini akan ada 2.700 yang akan diterima. Tapi karena antusiasme yang luar biasa, maka saya sudah bicara dengan Direksi, akan ada (tambahan) 2.300 lagi kesempatan magang. Dan di tahun ini, kalau ada rekrutmen bersama lagi kita akan prioritaskan bagi yang sudah mendaftar. Tapi, kalian harus memberikan yang terbaik ketika kalian masuk di BUMN,” kata Erick Thohir.

Erick menambahkan, keberlanjutan kepemimpinan penting untuk dimulai sedini mungkin.

Oleh karena itu, BUMN memberi kesempatan selebar-lebarnya untuk generasi muda bisa bergabung di BUMN.

Maka dari itu Menteri BUMN berencana meningkatkan jumlah milenial di BUMN mengingat jumlah penduduk Indonesia saat ini didominasi oleh usia di bawah 35
tahun. Kehadiran generasi muda menjadi inspirasi sekaligus menjadi energi penggerak kemajuan dan transformasi BUMN dengan tuntutan dunia usaha yang
semakin kompetitif.

Dalam acara Pembekalan Peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022 oleh Menteri BUMN Erick Thohir, sekitar 2.000 peserta hadir fisik di lokasi, sedangkan puluhan ribu lainnya tampak hadir secara virtual melalui kanal Youtube Kementerian BUMN dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Baca juga: Erick Thohir: Kontribusi BUMN capai Rp371 triliun pada 2021
Baca juga: Erick Thohir: Disrupsi digital memformat ulang industri dan ekonomi
Baca juga: Erick Thohir optimis RI negara keempat ekonomi besar dunia pada 2045

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022