Anti Hoax

Hoaks! Presiden AS jemput PM Singapura, tapi Presiden Jokowi hanya dijemput Dubes Indonesia

Hoaks! Presiden AS jemput PM Singapura, tapi Presiden Jokowi hanya dijemput Dubes Indonesia

Presiden RI Joko Widodo berfoto bersama Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan pemimpin negara ASEAN. ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta (ANTARA/JACX) - Para pemimpin negara-negara ASEAN dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden bertemu di Washington DC pada 12-13 Mei 2022 dalam acara KTT Khusus ASEAN-AS.

Pertemuan itu membahas penanganan pandemi, kerja sama kesehatan, pendidikan, percepatan pemulihan ekonomi, dan tantangan geopolitik kawasan dan global.

Namun pada 13 Mei 2022, akun Twitter Keuangan News_id mengunggah tautan konten dalam situs keuangannews.id yang menyorot penjemputan terhadap Presiden Jokowi oleh tuan rumah Amerika Serikat.

Konten itu menyebut Presiden Amerika Serikat Joe Biden bersedia menjemput Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong ketika mendarat di Washington.

Sementara, Presiden Joko Widodo hanya dijemput oleh Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani.

Konten dalam situs itu menyertakan foto Joe Biden dengan PM Lee. Sedangkan di Twitter, unggahan itu telah disukai lebih dari 1.725 pengguna lain dan diunggah ulang oleh lebih dari 522 pengguna lain.

Berikut adalah kutipan judul dalam konten situs unggahan tersebut:
"Presiden AS Menjemput PM Singapura, sementara Jokowi hanya Dijemput Dubes Indonesia untuk AS. Ada Apa?"

Namun, apakah benar Presiden AS Joe Biden sempat menjemput PM Singapura sedangkan Presiden Jokowi hanya dijemput Dubes Indonesia?
 
Unggahan hoaks yang menyebut Presiden AS Joe Biden menyambut kedatangan PM Singapura Lee Hsien Loong dan tidak menyambut Presiden Jokowi di Washington AS. (Twitter)


Penjelasan:
Penelusuran ANTARA, tidak ada pernyataan dari situs resmi Gedung Putih Amerika Serikat, media-media di AS, termasuk Kantor Perdana Menteri Singapura tentang Joe Biden menjemput PM Lee di Washington.

Situs resmi Gedung Putih hanya menyatakan bahwa Biden menyambut seluruh kepala negara ASEAN di Gedung Putih. Sedangkan situs resmi Kantor Perdana Menteri Singapura hanya memberitakan rencana keberangkatan Lee ke Amerika Serikat.

Foto yang menampilkan Joe Biden dan Lee Hsien Loong bersama merupakan foto yang diambil di Gedung Putih. Biden menyambut kepala-kepala negara ASEAN di Gedung Putih dalam rangka KTT Khusus ASEAN-AS, termasuk Presiden Jokowi.

Jokowi dan Lee juga mengunggah foto mereka bersama Biden dengan latar belakang yang sama di masing-masing akun Twitter mereka.

Dengan demikian, klaim akun Twitter yang menyebut Joe Biden hanya menyambut PM Singapura adalah hoaks.

Klaim: Presiden AS jemput PM Singapura, tapi Presiden Jokowi hanya dijemput Dubes Indonesia
Rating: Hoaks/Salah

Cek fakta: Hoaks! Peringatan China akan ambil Kalimantan jika Indonesia tidak bayar utang

Baca juga: Analis sebut KTT dengan AS takkan pengaruhi sentralitas ASEAN

Baca juga: ASEAN-AS tingkatkan kerja sama pemulihan pandemi, perubahan iklim

Pewarta: Tim JACX
Editor: Hanni Sofia
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar