Bengkulu (ANTARA News) - Badan Meteorologi Kalimatologi dan Geofisika Bengkulu memperkirakan, 12 jam ke depan Bengkulu berpeluang dilanda hujan ringan hingga lebat.

Hal itu terlihat dari satelit cuaca bahwa ada liputan awan dan hujan di wilayah Sumatra, kata analisis BMKG stasiun Meterologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Suparwi, Rabu.

Ia menjelaskan, wilayah di Sumatra akan dilanda hujan lebat mulai dari daerah Samudra Hindia Barat laut Aceh, Sumatra Utara, Jambi, Bangka, Sumsel hingga Provinsi Lampung.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat hingga Timur Laut dengan kecepatan berkisar antara 08 - 28 kilometer per jam atau antara 05 sampai dengan 16 knots.

Cuaca di wilayah Bengkulu, katanya, diperkirakan berawan dan berpeluang hujan ringan hingga lebat, suhu udaranya berkisar 23-31 derajat Celcius dan kelembabannya antara 67-98 persen.

Ia juga memperkirakan, gelombang laut di perairan Bengkulu tingginya rata-rata dua meter, hal itu juga terjadi di perairan Enggano dan Samudra Hindia Barat Bengkulu.

Angin di perairan Bengkulu berhemus dari Barat hingga Timur laut dengan kecepatan antara 05-16 knots, sedangkan angin di wilayah perairan Enggano berhembus dari arah Barat hingga Barat laut dengan kecepatan antara 08-17 knots.

Sedangkan angin di perairan samudra Hindia Barat Bengkulu diperkirakan berhembus dari arah Barat hingga Barat laut dengan kecepatan antara 08-17 knots, di wilayah itu juga berpeluang turun hujan ringan, ujar Suparwi. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011