Palembang (ANTARA News) - Pelatih Sriwijaya FC, Kas Hartadi mengatakan bahwa Sriwijaya Football Club melakukan persiapan lebih dalam melawan Persija Jakarta pada Liga Super Indonesia, Minggu (18/12).

Sriwijaya FC dapat melakukan persiapan lebih baik dibandingkan laga sebelumnya karena berkesempatan menguji coba lapangan rumput di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, selama satu pekan, katanya di Palembang, Rabu.

"Lawan PSPS pada Minggu (11/12) lalu belum begitu mengenal kondisi lapangan, karena sudah lama tidak main di Jakabaring. Berbeda dengan lawan Persija nanti yang sudah melakukan beberapa kali latihan di Stadion Jakabaring sebagai tempat bertanding," katanya.

Dia menerangkan, pada laga melawan PSPS hanya sempat uji lapangan di Stadion Jakabaring sebanyak satu kali. Kondisi itu disebabkan kerusakan lapangan rumput karena digunakan upacara pembukaan dan penutupan SEA Games XXVI lalu.

"Memang harus sebanyak mungkin latihan di Stadion Jakabaring supaya benar-benar hapal dengan karakter lapangan. Terus terang saja, lapangan sudah banyak berubah karena tidak sebagus dulu lagi. Para pemain kebingungan karena pergerakan bola jauh berbeda," kata dia.

Lapangan rumput stadion kategori A AFC itu mengalami kerusakan parah karena ditutup teriplek selama dua pekan, 11-22 November 2011.

Meskipun telah diperbaiki, kondisi rumput saat ini belum pulih seratus persen karena tumbuh tidak rata, dan pada bagian yang gundul hanya tertutup pasir.

"Pemain kebingungan karena aliran bola tidak seperti biasanya. Beruntung pemain dapat cepat beradaptasi sehingga dapat mengalahkan PSPS 2-1," kata dia.

Sementara, pada laga awal yang merupakan laga kandang bertanding dengan lapangan yang cukup baik, yakni saat melawan Pelita Jaya dan Persib Bandung. Sehingga, permasalahan baru timbul ketika kembali memakai Stadion Jakabaring.

"Lawan Pelita dan Persib kondisi lapangannya baik. Sementara lawan PSPS, pemain baru merasakan kerusakan rumput stadion. Harapan saya, pemain sudah beradaptasi dengan maksimal sehingga lawan Persija nanti tidak ada masalah lagi," kata dia.

(T.pso-039/B/F002/F002) 14-12-2011 09:42:49

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011