Jakarta (ANTARA) - Sutradara Rusia Kirill Serebrennikov menuturkan dirinya menentang perang di Ukraina setelah pemutaran perdana global filmnya "Tchaikovsky's wife," di Festival Film Cannes, Rabu (18/5).

"Katakan tidak untuk perang," katanya dalam bahasa Rusia saat dia menerima tepuk tangan meriah untuk drama abad ke-19, satu-satunya film dari sutradara Rusia, dikutip dari Reuters, Kamis.

Penyelenggara festival melarang delegasi resmi Rusia di acara tersebut dan mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy untuk bicara di pembukaan festival secara langsung dari Kyiv. Dia mendorong industri film agar tidak hanya diam mengenai konflik tersebut.

Salah satu dari 21 film yang bersaing memperebutkan Palme d'Or, film Serebrennikov mengisahkan pernikahan destruktif komposer Rusia Piotr Tchaikovsky dengan seorang perempuan muda.

Film ini menelusuri transformasi Antonina, yang diperankan oleh Alena Mikhailova, dari calon yang saleh dan gigih menjadi pasangan yang ditolak dalam pernikahan bernasib buruk.

Tchaikovsky, yang lebih suka ditemani oleh laki-laki, digambarkan sebagai jenius karismatik dan bermasalah, menghadapi istri mudanya dan keputusan untuk menikahinya.


Baca juga: Kisah hidup Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dibukukan dalam komik

Baca juga: Bono U2 gelar konser "kebebasan" di metro Kyiv

Baca juga: Angelina Jolie lakukan kunjungan mendadak ke Ukraina

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022