Apabila masyarakat membutuhkan informasi lebih lanjut, kami menyarankan mengunjungi BCA terdekat atau Hallo BCA.
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jember Hardi Rofiq Nasution mengimbau masyarakat untuk mewaspadai modus penipuan terkait dengan bantuan Program Kartu Prakerja yang mencatut OJK dan salah satu perbankan di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Foto tersebut memang berada di Kantor OJK Jember dalam kegiatan halalbihalal. Namun, tidak ada kaitan dengan Program Kartu Prakerja sehingga kami imbau masyarakat untuk berhati-hati terkait dengan modus penipuan," kata Hardi Rofiq Nasution di Jember, Kamis.

Beredar informasi melalui broadcast WhatsApp tentang pendaftaran Kartu Prakerja yang isinya meminta koordinasi pendaftaran lewat perangkat RW dan pendaftar harus membuka rekening BCA terlebih dulu.

Pesan yang disampaikan di sejumlah grup WA berbunyi: "Bapak2 RW, monggo bagi warganya belum dapat bantuan ada TIM dari Kompeten kerja sama dengan BCA, usia 21-55, dengan bantuan 600 rb per bulan, untuk membantu program pendaftaran prakerja, syarat fotokopi KTP, KK, rek. BCA, kalau yang tidak punya nanti didaftarkan lewat TIM biaya buka tabungan 50 rb, BCA Ekspress, yg bersedia warganya...nggih."

Di dalam broadcast tersebut juga disertakan foto acara halalbihalal yang digelar Kantor OJK Jember bersama lembaga jasa keuangan dan disertai berupa surat edaran resmi terkait dengan informasi pendaftaran kartu Prakerja dari pemerintah.

"Kami juga sudah melakukan konfirmasi kepada BCA Jember. Mereka menyampaikan bahwa kegiatan itu bukan program dari BCA sehingga kami imbau masyarakat selalu mewaspadai penipuan yang mengatasnamakan program pemerintah, seperti Kartu Prakerja yang dibuka secara bertahap," katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang BCA Jember Verry Iskandar mengatakan bahwa informasi dalam broadcast WA tersebut bukan dari BCA secara resmi sehingga pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap modus penipuan Kartu Prakerja yang mencatut perbankan.

"Apabila masyarakat membutuhkan informasi lebih lanjut, kami menyarankan mengunjungi BCA terdekat atau Hallo BCA," katanya.

Rekening BCA memang bisa dipakai untuk penerimaan Program Kartu Prakerja, tetapi pihak BCA Jember belum bekerja sama dengan kelurahan yang ada di Jember, terutama dalam hal pembukaan rekeningnya karena menyangkut KYC (Know Your Customer) dan data rahasia nasabah.

Baca juga: Menaker imbau korban penipuan situs prakerja.vip lapor polisi

Baca juga: Menko Airlangga: Kartu Prakerja tingkatkan kompetensi angkatan kerja

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022