Dili (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-20 untuk Restorasi Kemerdekaan Timor Leste, serta menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Terpilih Timor Leste José Ramos-Horta.

“Presiden RI menyampaikan ucapan selamat kepada Ramos-Horta yang sudah terpilih sebagai presiden, sekaligus kepada seluruh rakyat Timor Leste untuk HUT ke-20 Restorasi Kemerdekaannya,” kata Mahfud MD ketika berkunjung ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Seroja Dili, Timor Leste, Kamis.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa Timor Leste adalah negara yang merdeka dan berdaulat, sehingga seluruh dunia termasuk masyarakat Indonesia harus menghormatinya dalam rangka tata hubungan internasional.

Hari Ulang Tahun Ke-20 Restorasi Kemerdekaan Timor Leste akan jatuh pada tanggal 20 Mei 2022. Sedangkan, terkait dengan pelantikan Presiden Terpilih José Ramos-Horta akan diselenggarakan pada 19 Mei 2022 malam hari.

Mahfud MD tiba di Dili, Timor Leste sekitar pukul 10.30 waktu setempat. Ia menyempatkan diri berkunjung ke Wisma Duta KBRI Timor Leste untuk melakukan dialog dengan masyarakat Indonesia yang berada di Timor Leste.

Melalui kunjungannya, Mahfud MD mendengar cerita dan masukan dari masyarakat Indonesia, sekaligus berpesan agar terus menjaga persatuan dan rasa cinta tanah air.

Selanjutnya, Mahfud MD bertemu dan berdialog dengan José Ramos-Horta dan melakukan berbagai pembahasan untuk mengeratkan hubungan antara Indonesia dengan Timor Leste.

“Lebih banyak protokoler bilateral kenegaraan. Yang substansi hanya dibicarakan, tetapi belum disepakati, tentu saja,” ucapnya.

Mahfud juga mengatakan, Presiden RI Joko Widodo juga menyampaikan undangan kepada Presiden Timor Leste José Ramos-Horta untuk datang ke Jakarta dan melakukan pembahasan-pembahasan lanjutan terkait dengan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Timor Leste ke depannya.

“Nanti hal yang lebih teknis akan kami bicarakan bersama Duta Besar di sini dan pemerintah di Jakarta,” kata Mahfud.

Baca juga: Presiden terpilih Timor Leste harap dapat segera bertemu Jokowi
Baca juga: Timor Leste berharap dapat masuk ASEAN saat Keketuaan Indonesia
Baca juga: Cerminan keberhasilan rekonsiliasi Indonesia-Timor Leste dalam bahasa

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022