Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah di Sumatera Utara berawan pada Kamis siang dan sore dan berpotensi hujan ringan.

"Siang hari umumnya berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di Karo, Langkat dan sekitarnya," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Christin di Medan, Kamis.

Baca juga: BMKG terapkan "preventive maintenance" sistem peringatan dini

Sementara pada malam hari cuaca di Sumut berpotensi hujan ringan hingga sedang di Langkat, Binjai, Deliserdang, Karo, Simalungun, Dairi, Samosir, Tebingtinggi, Toba dan sekitarnya dan dini hari sebagian besar wilayah Sumatera Utara berawan.

Suhu udara 17.0-33.0 derajat Celcius, kelembaban udara 60-95 persen, angin berhembus dari Barat Daya-Utara dengan kecepatan 5-30 km/jam.

Baca juga: Suhu panas dipengaruhi iklim dan diamplifikasi dinamika atmosfer

Sementara berdasarkan pantauan sensor modis melalui Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20 pada Kamis di Sumatera Utara terdapat dua titik panas atau "hot spot".

Kedua titik panas tersebut terpantau di Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal dan di Kecamatan Huta Raja Tinggi, Kabupaten Padang Lawas.

Pewarta: Juraidi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022