Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menyebutkan bahwa telah mengajukan tambahan pesawat menjelang pelaksanaan kejuaraan surfing internasional Krui Pro.

"Krui Pro sebagai ajang kejuaraan surfing internasional yang akan digelar di Kabupaten Pesisir Barat pada Juni 2022, memang menjadi daya tarik wisatawan," ujar Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Lampung, Qodratul Ikhwan, di Bandarlampung, Kamis.

Menurutnya, dalam mendukung terlaksananya kegiatan olahraga surfing internasional itu pemerintah setempat telah berkoordinasi dengan maskapai penerbangan untuk menambah jumlah ketersediaan pesawat.

"Sudah melakukan sejumlah persiapan salah satunya mengenai penerbangan. Kemarin sudah koordinasi dengan maskapai Garuda Indonesia untuk menambah volume penerbangan, dan mereka sedang mengkaji karena sekarang keterbatasan pesawat menjadi salah satu hal yang harus diatasi," ucapnya.

Dia menjelaskan, dengan ketersediaan pesawat sebagai salah satu sarana transportasi diharapkan dapat mendukung kelancaran kejuaraan surfing internasional tersebut.

"Sebelum melaksanakan kejuaraan satu pekan sebelumnya kita ada kegiatan lari dengan panjang 5 kilometer di Pantai Mandiri, diharapkan bisa menumbuhkan kembali minat wisatawan untuk berwisata ke Lampung," tambahnya.

Ia mengatakan, menjelang pelaksanaan kejuaraan selancar internasional itu telah ada ratusan peselancar yang antusias mendaftarkan diri untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut.

"Kemarin berdasarkan laporan yang diterima memang telah ada ratusan peselancar yang mendaftarkan diri baik domestik ataupun nasional, dan ini masih dalam perhitungan karena pendaftaran masih dibuka," katanya.

Diketahui gelaran surfing internasional Krui Pro akan dilaksanakan di Kabupaten Pesisir Barat pada 11-17 Juni mendatang.

Dalam mendukung kejuaraan surfing internasional itu telah dianggarkan dana sebanyak Rp4 miliar, dan sebagai salah satu upaya untuk kembali menggairahkan sektor pariwisata Lampung untuk tumbuh.

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022