Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang menghentikan kenaikan empat hari dan merosot 1,8 persen
Beijing/Hong Kong (ANTARA) - Pasar saham Asia merosot pada perdagangan Kamis sore, mengikuti aksi jual Wall Street yang curam, karena investor khawatir tentang inflasi global, kebijakan nol COVID China dan perang Ukraina, sementara mata uang safe-haven dolar AS melemah.

Pasar ekuitas Eropa juga tampak siap menghadapi hari yang berat. Euro Stoxx 50 berjangka melemah 0,52 persen, DAX berjangka Jerman turun 0,63 persen, sementara indeks FTSE berjangka 0,51 persen lebih rendah.

Indeks Nasdaq berjangka turun 0,15 persen, meskipun indeks S&P500 berjangka membalikkan kerugian sebelumnya menjadi 0,05 persen lebih tinggi.

Semalam di Wall Street, raksasa ritel Target Corp memperingatkan margin yang lebih besar terpukul karena kenaikan biaya ketika melaporkan laba kuartalannya telah berkurang setengahnya. Sahamnya anjlok 24,88 persen. Nasdaq turun hampir 5,0 persen, sementara S&P 500 kehilangan 4,0 persen.

"Kenaikan pada Selasa (17/5/2022) terbukti 'terlalu optimis', sehingga keraguan diri yang berasal dari salah penilaian hanya membuat pedagang mengklik tombol jual lebih keras lagi," kata Hebe Chen, analis pasar di IG, dikutip dari Reuters.

Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang menghentikan kenaikan empat hari dan merosot 1,8 persen, terseret oleh kerugian 1,5 persen untuk indeks sumber daya Australia, penurunan 2,1 persen pada saham Hong Kong dan penurunan 0,3 persen pada saham unggulan di China daratan.

Nikkei Jepang berakhir turun 1,89 persen.

Raksasa teknologi yang tercatat di Hong Kong terpukul sangat keras, dengan indeks jatuh lebih dari 3,0 persen. Tencent merosot lebih dari 6,0 persen setelah melaporkan tidak ada pertumbuhan pendapatan pada kuartal pertama, kinerja terburuk sejak go public pada 2004.

Sektor teknologi China masih belum pulih dari tindakan keras pemerintah selama setahun dan prospek ekonomi yang melambat berasal dari kebijakan ketat nol COVID Beijing, meskipun komentar menenangkan dari Wakil Perdana Menteri Liu He kepada eksekutif teknologi telah mendukung sentimen pada Rabu (18/5/2022).

Dua bankir bank sentral AS mengatakan mereka memperkirakan Federal Reserve untuk menurunkan kecepatan pengetatan kebijakan yang lebih terukur setelah Juli, karena berusaha untuk memadamkan inflasi tanpa mengangkat biaya pinjaman begitu tinggi sehingga mereka mengirim ekonomi ke dalam resesi.

“Harus dikatakan bahwa kekhawatiran terhadap inflasi tidak pernah hilang sejak kita melangkah ke 2022. Namun, sementara hal-hal belum mencapai titik tidak bisa kembali, mereka tampaknya menuju ke arah 'di luar kendali'. Itu adalah mungkin bagian yang paling mengkhawatirkan bagi pasar," kata Chen dari IG.

Dolar AS, yang telah reli karena penurunan selera risiko, turun 0,15 persen terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, setelah melonjak 0,55 persen semalam yang mengakhiri penurunan beruntun tiga hari.

Aussie naik 0,8 persen, sementara kiwi Selandia Baru menguat 0,6 perseni, karena pelonggaran penguncian COVID Shanghai membantu sentimen.

Data pada Rabu (18/5/2022) menunjukkan bahwa inflasi Inggris melonjak ke tingkat tahunan tertinggi sejak 1982 karena tagihan energi melonjak, sementara inflasi Kanada naik menjadi 6,8 persen bulan lalu, sebagian besar didorong oleh kenaikan harga makanan dan tempat tinggal.

Bilal Hafeez, CEO perusahaan riset MacroHive yang berbasis di London, mengatakan ada bias yang kuat terhadap aset-aset safe-haven saat ini, terutama uang tunai.

"Mungkin ada pemantulan jangka pendek dalam ekuitas seperti beberapa hari terakhir, tetapi gambaran besarnya adalah bahwa era imbal hasil rendah telah berakhir, dan kami sedang bertransisi ke lingkungan suku bunga yang lebih tinggi," Hafeez mengatakan kepada Reuters Global Markets Forum.

"Ini akan menekan semua pasar yang diuntungkan dari imbal hasil rendah - terutama ekuitas."

Obligasi pemerintah AS reli semalam dan sebagian besar stabil di Asia, meninggalkan imbal hasil acuan pada obligasi pemerintah AS 10-tahun di 2,9076 persen.

Imbal hasil dua tahun, yang naik bersama ekspektasi pedagang terhadap suku bunga dana Fed yang lebih tinggi, menyentuh 2,6800 persen dibandingkan dengan penutupan AS sebesar 2,667 persen.

Harga minyak pulih dari kerugian awal, karena kekhawatiran yang berkepanjangan atas pasokan global yang ketat melebihi kekhawatiran atas pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat.

Minyak mentah Brent naik 1,2 persen menjadi 110,41 dolar AS per barel, sementara minyak mentah AS naik 0,8 persen menjadi 110,48 dolar AS per barel.

Emas sedikit lebih rendah. Emas spot diperdagangkan pada 1,814,88 dolar AS per ounce.

Baca juga: IHSG diperkirakan terkoreksi ikuti pelemahan bursa global
Baca juga: Saham Asia melemah karena investor khawatirkan kenaikan inflasi global
Baca juga: Saham China dibuka lebih rendah, indeks Shanghai jatuh 1,27 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022