LPS CFR sekaligus memperkenalkan fungsi dan tugas LPS ke masyarakat secara lebih luas
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengadakan kompetisi riset bertajuk LPS Call for Research (LPS CFR) dengan hadiah total Rp205 juta yang dibuka untuk masyarakat umum.

LPS CFR sendiri merupakan ajang penulisan ilmiah tahunan yang telah diselenggarakan secara rutin sejak 2017 dengan jumlah peserta terus meningkat dari tahun ke tahun.

“LPS CFR sekaligus memperkenalkan fungsi dan tugas LPS ke masyarakat secara lebih luas,” kata Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Sadewa di Jakarta, Kamis.

Purbaya menjelaskan LPS CFR menjadi wadah bagi masyarakat atau peneliti untuk mengekspresikan ide dan kemampuan penulisan ilmiah serta mendiseminasikan fungsi dan tugas LPS kepada publik.

Berbeda dari sebelumnya, penyelenggaraan LPS CFR tahun ini tidak hanya dapat diikuti secara khusus oleh akademisi atau profesi peneliti namun juga oleh masyarakat umum.

LPS CFR 2022 mengusung tema Mendorong Pemulihan Ekonomi yang Resilient di Tengah Tantangan dan Ketidakpastian dengan dua sub tema penelitian yaitu sub tema umum dan sub tema khusus.

Sub tema umum ditujukan bagi minimal mahasiswa Diploma atau S1 sampai lulusan S2 dari segala bidang keilmuan dengan pilihan topik yang tersedia. 

Topik tersebut di antaranya meliputi Program Penjaminan Simpanan, Resolusi Bank, Program Restrukturisasi Perbankan dan Stabilitas Sistem Keuangan. Kemudian Perilaku Deposan dan/atau Bank, Intermediasi Keuangan, Perbankan Syariah serta Konsolidasi atau Merger dan Akuisisi Bank.

Sementara sub tema khusus ditujukan bagi minimal mahasiswa Diploma atau S1 sampai lulusan S3 dari segala bidang keilmuan dengan pilihan topik yang tersedia.

Topik ini meliputi Strategi Meningkatkan Literasi Masyarakat atas Program Penjaminan Simpanan oleh LPS, Tantangan dan Peluang Perbankan Digital serta Implikasinya terhadap Program Penjaminan Simpanan dan/atau Resolusi Bank oleh LPS. 

Kemudian Strategi Exit Policy dalam Memitigasi Scarring Effect Pandemi COVID-19 terhadap Ekonomi Nasional serta Pengembangan Sektor Jasa Keuangan Nasional yang Berwawasan Lingkungan. Selanjutnya, Sosial dan Tata Kelola (ESG) untuk Pembangunan Berkelanjutan dan Lanskap Sektor Jasa Keuangan Pasca Pandemi COVID-19.

Secara rinci, hadiah kegiatan LPS CFR tahun ini mencapai Rp205 juta yaitu untuk sub tema khusus sebesar Rp105 juta dan sub tema umum Rp75 juta. Hadiah sub tema khusus Rp105 juta meliputi juara I Rp45 juta, juara II Rp35 juta dan juara III Rp25 juta. Hadiah sub tema umum Rp75 juta meliputi juara I Rp35 jura, juara II Rp25 juta dan juara III Rp15 juta.

Untuk 10 research paper yang menjadi favorit pun akan mendapat hadiah masing-masing sebesar Rp2,5 juta.

Pendaftaran peserta LPS CFR dibuka sejak 1 April 2022 sampai 5 Agustus 2022 melalui www.cfr.lps.go.id.

Baca juga: LPS: Inflasi diprediksi tahan penurunan suku bunga simpanan bank
Baca juga: Riset LPS: Bank akan terus perbesar cadangan antisipasi risiko kredit
Baca juga: LPS likuidasi delapan BPR/BPRS di 2021

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022