Sangat penting menjadi perusahaan idaman pilihan karyawan dan para pencari kerja agar mereka mendapat talenta terbaik untuk pengembangan dan kesinambungan usaha
Jakarta (ANTARA) - Pakar sumber daya manusia (SDM) memaparkan sejumlah kriteria menjadi perusahaan idaman karyawan atau pencari kerja (employer of choice), yang tidak hanya berdasarkan popularitas di masyarakat, tapi juga mampu membangun keterikatan dan kemampuan pengembangan SDM dengan optimal.

"Biasanya perusahaan yang berkibar (sebagai perusahaan idaman) adalah mereka yang dapat memberi gaji yang relatif tinggi dan memberi fasilitas istimewa, atau yang popular di masyarakat," kata Group Chief Editor SWA Media Kemal E Gani pada webinar dan Indonesia Employer of Choice Award (IECA) 2022 di Jakarta, Kamis.

Untuk itu, pihaknya telah delapan kali melakukan survei terhadap para pencari kerja maupun karyawan yang tahu persis kemampuan organisasi/perusahaan tempat mereka bekerja bagaimana keterikatan dan pengembangan program SDM perusahaan itu, apakah bisa menjadi berkualitas sebagai perusahaan idaman.

Menurut Kemal, bagi korporasi, sangat penting menjadi perusahaan idaman pilihan karyawan dan para pencari kerja agar mereka mendapat talenta terbaik untuk pengembangan dan kesinambungan usaha.

Pakar sekaligus Vice Chairman Korn Ferry Indonesia Sylvano Damanik, yang digandeng SWA Media menjadi juri IECA 2022 2022 mengungkapkan ada dua hal penting yang menjadikan organisasi usaha menjadi perusahaan idaman yaitu engagement (keterikatan) dan enablement (kemampuan).

"Perpaduan kedua hal itu penting bukan hanya bagi individu karyawan tapi juga bagaimana organisasi (perusahaan) bisa membuat supporting system supaya kemauan (engagement) dan kemampuan ini bisa teroptimalkan dengan baik," katanya.

Keterpaduan itulah, menurut dia, akan menghasilkan operasional perusahaan yang excellence, kesetiaan konsumen, kinerja keuangan sustain, mampu mempertahankan dan menarik para talenta terbaik, dan memperkuat citra merek perusahaan.

SWA Media bersama Korn Ferry telah mensurvei 21 perusahaan peserta dan karyawannya serta 1.628 responden di kota-kota besar bertema "Employer of Choice (EOC) 2021" pada Oktober 2021-Februari 2022.

"Sebagaimana survei-survei tahun sebelumnya, survei ini bertujuan memotret perusahaan dari dua variabel utama yaitu kemampuan perusahaan menciptakan engagement dan enablement. Setiap variabel memiliki enam dimensi, sehingga secara keseluruhan mencakup 12 dimensi," kata Kemal.

Selain itu, dalam Job Seeker Survey 2022 ini juga ditampilkan respons khusus 4.000 responden mahasiswa. Survei itu menghasilkan Top 10 Best Industry, Top 10 Best Workplace (Top of Mind), dan Top 10 Best Workplace (KF Participants) antara lain Top 5 Winners untuk kategori karyawan di atas 1.000 yakni PT Surya Madistrindo, PT Gudang Garam, BPJS Ketenagakerjaan, Ramsay Sime Darby Healthcare Indonesia, Bank Tabungan Negara, serta FKS Group.

Kemudian, Top 5 Winners kategori karyawan di bawah 1.000 yakni Shell Indonesia, East West Seed Indonesia, Sinar Mas Mining, Lembaga Penjamin Simpanan, dan Sarana Multigriya Finansial.

"Dalam penjurian Employer of Choice 2021, terdapat beberapa temuan menarik, ada kenaikan skor yang signifikan pada dimensi work, structure & process serta pay & benefit. Artinya, karyawan merasa benefit yang berkaitan dengan kesejahteraan dan kesehatan dalam masa pandemi sudah didukung dengan baik oleh perusahaan, dan hal ini juga didukung oleh Pandemic Index yang tinggi secara keseluruhan," kata Sylvano.

Baca juga: IGSCA: Kian banyak perusahaan di RI jalankan bisnis berkelanjutan
Baca juga: SWA-PLN gandeng BUMN Muda gelar Indonesia Young Business Leaders Award
Baca juga: Sejumlah CEO ungkap strategi bertahan-tumbuh di tengah multidisrupsi

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022