Investor mungkin sudah cukup dengan dolar AS dan mencari untuk mendiversifikasi risiko - terutama karena dukungan dolar AS yang lebih luas dari kenaikan imbal hasil AS tampaknya telah maksimal
New York (ANTARA) - Dolar tergelincir secara luas pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), jatuh ke level terendah dua minggu, memperpanjang kemundurannya dari tertinggi dua dekade, karena sebagian besar mata uang utama yang terpukul oleh kenaikan greenback tahun ini menarik pembeli.

Dengan meningkatnya volatilitas di pasar keuangan global, dolar mencatat penurunan tajam terhadap yen Jepang dan franc Swiss, yang cenderung menarik investor pada saat terjadi tekanan atau risiko pasar.

Tetapi dolar juga bernasib buruk terhadap mata uang berisiko, termasuk dolar Australia dan Selandia Baru, karena kerugian sejauh tahun ini dalam untuk mata uang ini telah menarik beberapa pembeli.

"Investor mungkin sudah cukup dengan dolar AS dan mencari untuk mendiversifikasi risiko - terutama karena dukungan dolar AS yang lebih luas dari kenaikan imbal hasil AS tampaknya telah maksimal," kata Kepala Strategi Mata Uang Scotia Bank, Shaun Osborne.

Indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap enam mata uang utama, turun 1,0 persen pada 102,79, terendah sejak 5 Mei. Itu menempatkan indeks pada kecepatan untuk satu dari hanya enam contoh selama lima tahun terakhir ketika mencatat kerugian satu hari 1,0 persen atau lebih.

Indeks mencapai level tertinggi hampir dua dekade pekan lalu karena Federal Reserve yang hawkish dan meningkatnya kekhawatiran tentang keadaan ekonomi global membantu mengangkat mata uang AS. Indeks dolar AS naik 7,5 persen untuk tahun ini.

Pada Kamis (19/5/2022), dolar tergelincir ke level terendah 3 minggu terhadap yen dan level terendah 2 minggu terhadap franc Swiss.

Namun, para analis memperingatkan agar tidak membaca terlalu banyak tentang mundurnya dolar.

Baca juga: Harga emas melonjak 25,3 dolar, terangkat pelemahan "greenback"

"Ya, dolar secara luas lebih rendah hari ini meskipun kondisi risk-off di ruang lintas aset, tetapi apakah ini berarti status dolar aman mulai melemah? Kemungkinan besar tidak," kata Kepala Analisis Valas Monex Europe, Simon Harvey.

Franc Swiss didukung terhadap dolar dan euro setelah presiden bank sentral Swiss (SNB) Thomas Jordan memberi isyarat pada Rabu (18/5/2022) bahwa SNB siap untuk bertindak jika tekanan inflasi berlanjut.

Euro naik ke level tertinggi lebih dari satu minggu terhadap dolar, karena investor memperkirakan kemungkinan jalur pengetatan jangka pendek yang agresif oleh Bank Sentral Eropa.

Pound Inggris naik 1,2 persen terhadap dolar pada Kamis (19/5/2022), tetapi tetap mendekati level terendah dua tahun yang disentuh minggu lalu karena inflasi yang melonjak dikombinasikan dengan prospek pertumbuhan yang suram membatasi kenaikan.

Sementara itu bitcoin naik 4,7 persen dan terakhir diperdagangkan pada 30.039,31 dolar AS, terus mencoba untuk menghilangkan kelemahan yang telah melanda uang kripto dalam beberapa hari terakhir.

Baca juga: Harga minyak bangkit dari dari kerugian, ditopang pelemahan dolar

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022