Surakarta (ANTARA News) - Bonus bagi atlet yang mampu merebut medali emas Asean Paragames 2011 di Surakarta, Jawa Tengah, 15-22 Desember dinaikkan dari Rp30 juta menjadi Rp40 juta per keping.

Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng di Surakarta, Kamis mengatakan, bonus bagi atlet yang meraih medali sudah ditetapkan. Dengan demikian, semua atlet yang mampu mempersembahkan medali akan mendapatkannya.

"Medali emas Rp40 juta, medali perak Rp15 juta dan medali perunggu Rp7,5 juta," katanya usai menghadiri pembukaan Asean Paragames 2011 di Stadion Manahan Surakarta, Jateng.

Menurut dia, bonus yang diberikan telah disesuaikan dengan hasil hitungan yang dilakukan. Dengan ditetapkannya jumlah bonus bagi atlet diharapkan bisa lebih memotivasi para atlet yang akan turun di kejuaraan bagi atlet penyandang cacat terbesar di Asia Tenggara ini.

"Saya optimistis semua atlet bisa mendapatkan medali. Jadi mereka semua kebagian bonus yang diberikan oleh pemerintah," katanya dengan tegas.

Mantan juru bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu menegaskan, melihat semangat atlet-atlet Tanah Air, pihaknya optimistis tuan rumah Indonesia mampu menjadi juara umum seperti halnya SEA Games 2011 di Jakarta dan Palembang lalu.

"Mereka (atlet) pasti mampu untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negaranya. Maka dari itu, mari semuanya mendukung mereka," kata pria asal Makassar Sulawesi Selatan itu.

Asean Paragames Indonesia 2011 di Surakarta Jawa Tengah, 12-22 Desember adalah kompetisi olahraga dua tahunan khusus untuk atlet-atlet yang mengalami cacat fisik yang diadakan setelah SEA Games. Kejuaraan ini merupakan yang keenam kalinya digelar dan mengikuti konsep Paralympic.

Pembukaannya dilakukan secara langsung oleh Wapres Boediono. Setelah dibuka, kontingen langsung dihibur dengan kesenian khas Indonesia mulai dari tarian asli Indonesia, Solo Batik Festifal, Reog Ponorogo hingga tarian modern.

Ada 11 negara Asia Tenggara yang berpartisipasi pada kegiatan ini yaitu tuan rumah Indonesia, Malaysia, Thailand, Myanmar, Vietnam, Kamboja, Laos, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Sedangkan cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi 11 cabang yaitu panahan, atletik, renang, angkat berat, bulutangkis, goal ball, tenis kursi roda, tenis meja, tenpin bowling, catur dan voli duduk. Ada 420 medali emas yang diperebutkan.

(T.B016/I007)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011