Jakarta (ANTARA) - Karena kontroversi atas tuduhan kekerasan sekolah yang melibatkan anggota grup idola K-pop LE SSERAFIM, Kim Garam, terus berkembang, grup memutuskan untuk membatalkan seluruh jadwal mereka hari ini (20/5).

Agensi Source Music secara resmi mengumumkan bahwa semua kegiatan yang dijadwalkan LE SSERAFIM termasuk penampilan mereka di "Music Bank" KBS 2TV hari ini telah dibatalkan.

"LE SSERAFIM tidak akan muncul di 'Music Bank' KBS2 atau berpartisipasi dalam acara fansign mereka seperti yang dijadwalkan untuk hari ini. Kami meminta maaf kepada para penggemar yang menunggu (untuk melihat LE SSERAFIM)," kata agensi tersebut, dikutip dari Soompi, Jumat.

Baca juga: Agensi bantah tuduhan Kim Garam LE SSERAFIM sebagai perundung

Selain itu, agensi berencana untuk mengadakan acara fansign melalui panggilan video di waktu yang terpisah, dan akan segera memberikan informasi tambahan kepada penggemar yang terpilih untuk acara tersebut.

"Kami akan segera merilis pernyataan kami mengenai tuduhan terhadap anggota LE SSERAFIM segera setelah kami menyelesaikan tinjauan kami. Terima kasih," kata Source Music.

Awal pekan ini, sebuah foto dokumen yang tampaknya merupakan catatan resmi dari komite kekerasan sekolah mulai beredar secara daring. Judul dokumen tersebut menunjukkan bahwa itu adalah pemberitahuan tentang tindakan hukuman yang akan diambil terhadap pelaku dalam insiden tersebut, yang bernama Kim Garam.

Pada 19 Mei, perwakilan hukum dari tersangka korban dalam insiden tersebut (selanjutnya disebut sebagai “A”) merilis pernyataan terperinci yang mengklaim bahwa dokumen yang beredar itu nyata dan bahwa Garam telah dinyatakan bersalah atas kekerasan sekolah oleh komite pada tahun 2018 .

Firma hukum juga menyatakan bahwa meskipun "A" bukanlah salah satu individu yang awalnya mengunggah foto-foto Garam secara daring pada bulan April, dia telah diganggu oleh teman-teman Garam dan orang-orang yang tidak dia kenal secara daring sejak HYBE memperkenalkan Garam untuk debut di grup.

Mereka membuat pernyataan yang menyangkal tuduhan dan mengklaim bahwa Garam benar-benar menjadi korban perundungan (bullying).

Menurut firma hukum, serangan siber berikutnya menyebabkan "A" menjadi ingin melakukan bunuh diri dan putus sekolah, dengan ibunya sekarang berada di sisinya 24 jam sehari untuk memastikan dia tidak melukai dirinya sendiri.

Firma hukum menuduh HYBE menempatkan korban yang diduga mengalami kerugian putaran kedua, dan mengklaim bahwa sementara mereka mencoba menghubungi agensi tentang masalah tersebut, mereka belum menerima tanggapan.

Firma hukum kemudian meminta HYBE untuk meminta maaf dan mengubah pernyataan mereka sebelumnya tentang Garam menjadi korban, menyatakan bahwa "A" tidak tertarik pada uang, tetapi ingin kebenaran diungkapkan dengan benar dan namanya dibersihkan.

Mereka juga menyatakan bahwa jika HYBE tidak mematuhi, mereka akan mengungkapkan catatan lengkap dari komite kekerasan sekolah dan pesan-pesan tidak senonoh yang dikirim Garam kepada korban.

Kemarin malam, HYBE menanggapi dengan pernyataan yang mengklaim bahwa deskripsi peristiwa yang dilakukan firma hukum itu sepihak dan bahwa mereka akan merilis pernyataan lain setelah mereka selesai memeriksa klaim yang telah dibuat.

Baca juga: LE SSERAFIM puncaki tangga album Oricon

Baca juga: LE SSERAFIM hadirkan debut berani lewat "FEARLESS"

Baca juga: Le Sserafim cetak rekor penjualan album debut pada pekan pertama

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022