Kupang (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengajak masyarakat Indonesia untuk mempertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia

"Pancasila itu digali dari kehidupan bangsa Indonesia, untuk itu kita harus mempertahankan Pancasila," katanya di Kupang, Jumat.

Dudung mengatakan bahwa di dalam Pancasila ada kebinekaan, persatuan dan kesatuan, keberagaman, serta keadilan bagi bangsa Indonesia.

Baca juga: Kasad resmikan pompa hidran di Kupang

Karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat di Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk memegang teguh Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dan tetap mempertahankannya

"Pegang teguh Pancasila demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," tambah dia.

Dudung datang ke NTT untuk melakukan sejumlah kegiatan seperti peresmian Batalyon Arhanud dan Batalyon Armed di Kabupaten Kupang, termasuk meresmikan pompa hidran di wilayah NTT dan seluruh Indonesia.

Baca juga: Kasad Dudung resmikan Yon Arhanud dan Yon Armed di Kupang
Baca juga: Kasad: TNI AD harus selalu hadir dan jadi solusi atas kesulitan rakyat


Dudung mengatakan berdasarkan informasi bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Ende pada 1 Juni 2022 akan dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi Widodo.

"Insyaallah Bapak Presiden akan hadir di sana. Kalau tidak salah ya," tambah dia.

Kapolda NTT Irjen Pol Setyo Budiyanto mengatakan bahwa kelahiran Pancasila harus dimaknai secara sungguh-sungguh oleh seluruh masyarakat di Indonesia, khususnya NTT.

"Informasinya nanti Bapak Presiden akan ke Ende. Tetapi kita tunggu kepastiannya saja. Polri pada dasarnya akan membantu mendukung pengamanan di ring 2," tambah dia.


 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022