Jakarta (ANTARA) - WIM Chelsie Monica Ignesias Sihite meraih perak nomor catur kilat perseorangan putri setelah di final kalah dari IM Nguyen Pham Le Thao asal Vietnam dengan ½ - 1 ½.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Gedung Quang Ninh Exhibition Center, Halong City, Jumat, itu, Chelsea sempat menebar harapan dengan menahan remis pada babak pertama saat ia memegang buah hitam.

Namun, pada babak kedua, dia justru kalah pada langkah ke-38 dalam permainan yang memakai pembukaan Inggris.

Dengan raihan medali perak tersebut, Chelsea mengatakan, ia tetap bersyukur meskipun dia tadi tidak memanfaatkan kesempatan mengambil angka saat dapat giliran memegang buah putih.

"Saya tetap bersyukur dapat menyumbang medali perak, meski tadi ada sedikit kekecewaan pada diri sendiri. Tadi saat final melawan Vietnam bisa remis saat memegang buah hitam, tapi justru kalah saat pegang putih," kata Chelsea.

Ia mengakui terlalu terburu-buru, tetutama saat permainan tengah sehingga melakukan beberapa kesalahan yang membuat posisi lawan lebih baik.

Chelsea mengawali pertandingan dengan gemilang di babak penyisihan. Dalam  5 babak yang dimainkan, ia meraih skor tertinggi 4,5 atau hanya kehilangan 0,5 poin hasil remis dengan IM Pham Le Thao Nguyen.

Penampilan apik berlanjut di babak semifinal. Chelsie menang atas WGM Gong Qianyun (Singapura) 1,5 - 0,5.

Baca juga: Klasemen SEA Games: Catur buka kran emas, Indonesia di posisi tiga

"Sedikit kecewa, tapi harus bangkit lagi karena besok saya akan main lagi di beregu kilat dengan Umi Fisabilillah," kata Chelsea.

Di nomor catur kilat perseorangan  putri, Indonesia menurunkan dua pecatur. Selain WIM Chelsie, ada nama IM Medina Aulia Warda yang gagal ke semifinal karena hanya menempati urutan kelima di babak penyisihan.

Sementara itu, pada catur kilat perseorangan putra, GM Susanto Megaranto gagal ke final seusai kalah telak 0-2 dari IM Le Tuan Minh (Vietnam) yang akhirnya meraih emas melalui all Vietnam final dan menang 1,5-0,5 dari GM Le Quang Liem.

Indonesia juga menurunkan IM Sean Winshand Cuhendi yang gagal ke semifinal karena berada di urutan kelima pada babak penyisihan.

Cabang olahraga catur masih menyisakan dua nomor pertandingan, yakni beregu kilat putra dan putri. 

Di nomor beregu kilat putra, Indonesia akan menurunkan GM Susanto Megaranto dan IM Ali Muhammad Lutfi, sedangkan di beregu putri Chelsea akan berduet dengan WIM Umi Fisabilillah.

Baca juga: Tim catur rapid putra raih perunggu SEA Games Vietnam

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022