Sepak Bola Nasional

PSSI: Jordi-Sandy tuntaskan syarat naturalisasi selama di Indonesia

PSSI: Jordi-Sandy tuntaskan syarat naturalisasi selama di Indonesia

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali (tengah) bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) dan pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong memberikan keterangan pers mengenai proses naturalisasi dua pesepak bola keturunan Indonesia Sandy Walsh dan Jordi Amat di Gedung Kemenpora, Jakarta, Kamis (10/2/2022). (ANTARA/Michael Siahaan)

Tidak ada kendala yang berarti selama kami di sini
Jakarta (ANTARA) - PSSI menyatakan bahwa dua pesepak bola luar negeri yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah menuntaskan beberapa syarat yang menjadi kelengkapan untuk proses naturalisasi menjadi WNI selama mereka berada di Indonesia.

“Semua rangkaian kegiatan yang dilakukan berkaitan dengan proses naturalisasi Jordi dan Sandy alhamdulillah berjalan lancar. Kami sudah mendapatkan dokumen-dokumen resmi yang dibutuhkan. Laporannya baik dan semoga bisa diproses lebih lanjut,” ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Jumat.

Adapun dokumen yang dimaksud Iriawan seperti surat tidak keberatan penduduknya berubah kewarganegaraan dari kedutaan negara asal Jordi-Sandy dan dokumen pendukung.

Baca juga: Calon pemain naturalisasi Jordi dan Sandi lolos tes kesehatan

Semuanya akan dilaporkan kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Indonesia.

Jordi, yang saat ini berkewarganegaraan Spanyol, dan Sandy (Belanda) melakukan beberapa kegiatan ketika berada di Indonesia yakni melakukan wawancara tertutup di Badan Intelijen Negara (BIN), Senin (16/5), dan tes medis pada Selasa (17/5).

Selain itu, mereka juga diuji apakah positif narkoba atau tidak. Hasil semua pemeriksaan tersebut bagus sehingga mereka berdua dapat melanjutkan pewarganegaraan ke tahapan berikutnya.

Jordi maupun Sandy mengaku senang dengan penerimaan semua pihak ketika mereka berada di Indonesia,

“Tidak ada kendala yang berarti selama kami di sini. Semua membantu kami dan sangat ramah setiap harinya. Saya berharap dapat segera kembali ke Indonesia dengan kabar baik,” kata Jordi.

Baca juga: Calon pemain naturalisasi Sandy Walsh tiba di Indonesia

Jordi kembali ke Spanyol pada Kamis (19/5), sementara Sandy akan tinggal selama beberapa hari lagi di Indonesia.

Jordi dan Sandy merupakan pemain keturunan Indonesia yang merumput di Liga Belgia. Jordi yang berpaspor Spanyol berseragam klub KAS Eupen, sementara Sandy yang masih berkewarganegaraan Belanda di KV Mechelen.

PSSI berharap naturalisasi mereka segera rampung agar bisa memperkuat tim nasional Indonesia pada Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait.

Pada fase penentu kelolosan ke Piala Asia 2023 yang akan berlangsung pada 8-14 Juni 2022 itu, Indonesia berada di Grup A bersama Yordania, Nepal dan tuan rumah kualifikasi, Kuwait.

Baca juga: PSSI: Sandy Walsh dan Jordi Amat tak sabar perkuat timnas Indonesia

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar