Kemendikbudristek: Dunia hiburan mulai hidup dan bergerak kembali

Kemendikbudristek: Dunia hiburan mulai hidup dan bergerak kembali

Tangkapan layar saat Koordinator Kelompok Kerja Apresiasi dan Literasi Film pada Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek Edy Suwardi hadir dalam webinar "Perubahan Tren Film Indonesia PascaCovid-19 Melandai", Jumat (20/5/2022) (ANTARA/Fathur Rochman)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyampaikan bahwa saat ini dunia hiburan mulai hidup dan bergerak kembali menyusul penyebaran COVID-19 yang sudah terkendali.

"Harus jujur diakui pandemi COVID-19 masih belum hilang sama sekali, namun kita melihat dan menjadi saksi sejarah bahwa semua jalur di dunia entertainment sudah mulai hidup dan bergerak lagi," ujar Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek Ahmad Mahendra.

Baca juga: Armand Maulana harap konser "live" bisa kembali digelar

Mahendra menyampaikan hal tersebut melalui pernyataan tertulis yang dibacakan Koordinator Kelompok Kerja Apresiasi dan Literasi Film pada Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek Edy Suwardi dalam webinar "Perubahan Tren Film Indonesia PascaCovid-19 Melandai", Jumat.

Mahendra mengatakan saat ini sejumlah musisi, seperti grup band Kahitna dan penyanyi Budi Do Re Mi sudah mulai menggelar pertunjukan musik di dalam ruangan. Penampilan keduanya, kata dia, dihadiri hingga ribuan penonton.

"Kita melihat panggung musik live indoor sudah mulai diselenggarakan dan dihadiri ratusan bahkan ribuan penonton dan alhamdulillah berjalan aman dan sukses," ucap dia.

Namun, dia memastikan bahwa penyelenggaraan kegiatan yang mengundang orang banyak tersebut juga tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Selain musik, lanjut dia, dunia film juga sudah mulai kembali menggeliat, terbukti dengan meningkatnya jumlah pengunjung bioskop, terutama pada saat libur Lebaran 2022.

"Beberapa film yang ditayangkan khusus sebagai film lebaran ternyata bisa mengundang penonton kembali untuk berkunjung ke bioskop, bahkan dengan jumlah penonton yang membludak," kata Mahendra.

Mahendra berharap keberanian masyarakat untuk masuk dan menonton kembali di bioskop bisa menjadi penanda bangkitnya kreativitas dan semangat para sineas di Tanah Air.


Baca juga: Wakil Ketua DPR minta izin manggung seniman Indonesia dipermudah

Baca juga: New Orleans Jazz Festival 2021 batal digelar

Baca juga: Adaptasi normal baru, Slank akan gelar konser virtual

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar