Jakarta (ANTARA) - Dalam merayakan Hari Kebangkitan Nasional, Tokopedia melalui Tokopedia Academy berupaya membangkitkan semangat berinovasi dengan mendorong kemajuan talenta digital Tanah Air bersama para mitra strategis.

Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya melalui siaran pers, Jumat, mengatakan, Tokopedia Academy merupakan wadah bagi talenta digital untuk mengasah ilmu dan keterampilan berkaitan dengan teknologi, data, produk, dan desain produk.

Baca juga: GoTo klaim integrasi ekosistem dorong transaksi selama Ramadhan

"Selain mencapai pemerataan pengetahuan melalui teknologi, upaya ini juga ditujukan untuk mendukung upaya pemerintah memenuhi kebutuhan akan 9 juta talenta digital hingga 2030,” tambah Ekhel.

Ada 18 program yang dapat diakses secara gratis lewat website Tokopedia Academy, salah satunya adalah Tokopedia NexGen yang berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Siberkrasi. Program tersebut merupakan program inkubasi bagi pelajar SMA/SMK/SLTA sederajat untuk lebih memahami dunia digital.

Dalam waktu dekat, Tokopedia Academy akan kembali mengadakan konferensi teknologi START Summit 2022 yang mengusung tema "Driving Innovation At Scale", sebagai salah satu wujud komitmen Tokopedia untuk terus menggaungkan semangat kebangkitan nasional dengan mendorong kemunculan lebih banyak inovasi dari talenta digital dalam negeri.

Sebagai perusahaan teknologi, Tokopedia sendiri terus berupaya menghasilkan inovasi yang dapat mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui perangkat iOS maupun Android.

“Fitur Built-in Dark Mode contohnya, kami hadirkan di iOS maupun Android, yang bermanfaat untuk menghemat baterai smartphone, serta nyaman untuk mata, khususnya saat menggunakan ponsel di tengah ruangan gelap," kata Head of Engineering (iOS) Tokopedia, Tonito.

Head of Engineering (Android) Tokopedia, Rico Harisin, juga mengatakan pihaknya mengembangkan aplikasi Tokopedia khusus untuk ponsel lipat sehingga pengguna ponsel lipat dapat berbelanja dengan lebih nyaman.

“Kami sangat antusias mengembangkan aplikasi untuk teknologi terdepan seperti foldable. Banyak sekali yang bisa kami pelajari, terlebih karena mengetahui upaya pengembangan ini bisa menjawab kebutuhan pengguna,” kata Rico.



Baca juga: Tren belanja Tokopedia kuartal I, dari produk hingga wilayah transaksi

Baca juga: Lima cara cermat manfaatkan THR

Baca juga: Tokopedia catat tren belanja selama Ramadhan dan jelang Lebaran 2022

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022