Para pemenang dan 20 peserta dengan tulisan terbaik akan diundang ke KBRI Addis Ababa pada 28 Mei 2022 untuk ramah tamah dan tur melihat KBRI, termasuk melihat Museum Asia Afrika yang akan diresmikan 27 Mei 2022
Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Addis Ababa menyelenggarakan lomba menulis tentang Indonesia dan hubungannya dengan Ethiopia untuk lebih memperkenalkan Indonesia kepada pelajar dan generasi muda Ethiopia.

Berdasarkan keterangan pers KBRI Addis Ababa yang diperoleh Antara, Jakarta, Jumat, lomba menulis yang dibuka pada 26 Maret 2022 itu diikuti oleh 117 peserta dari berbagai sekolah menengah di Kota Hawassa.

Tulisan dalam lomba tersebut diseleksi oleh dewan juri dari Indonesia-Ethiopia Friendship Club, yaitu Dubale Gebeyehu dan Meaza Haddis serta Nurika S.M. Margono dari KBRI Addis Ababa.


Baca juga: Menteri Ethiopia tanam pohon di KBRI Addis Ababa

Penyelenggara, pada Jumat, 20 Mei 2022, mengumumkan pemenang lomba dalam acara khusus di Lapangan St. Daniel Comboni School. Acara tersebut dihadiri oleh pimpinan sekolah, guru dan lebih dari 800 pelajar sekolah menengah. Pemenang menerima hadiah piala, sertifikat dan uang. Piala pemenang diserahkan langsung oleh Duta Besar RI Al Busyra Basnur.

Dubes Al Busyra Basnur mengatakan sayembara menulis untuk pelajar tersebut adalah pertama kali dilakukan di Ethiopia.

"Para pemenang dan 20 peserta dengan tulisan terbaik akan diundang ke KBRI Addis Ababa pada 28 Mei 2022 untuk ramah tamah dan tur melihat KBRI, termasuk melihat Museum Asia Afrika yang akan diresmikan 27 Mei 2022," katanya.


Baca juga: Indonesia, Ethiopia perkuat hubungan pelajar melalui IESCOP

Sementara itu, penyelenggara menyebutkan pemenang pertama sampai ketiga sayembara adalah Ruth Asfaw dari St. Daniel Comboni School dengan tulisannya berjudul "Students’ connectivity; How to strengthen it"; Meklit Abera dari St. Daniel Comboni School dengan tulisan berjudul "How to increase student connectivity between Ethiopia and Indonesia", dan Ahadu Abayneh dari BnB School" dengan tulisan berjudul “Bersama”.

Kemudian, pemenang harapan 1 adalah Abigya Salomon dari St. Daniel Comboni dengan tulisan berjudul “How to increase students interconnectivity” dan pemenang harapan 2 adalah Endrias Eshetu dari BnB School dengan tulisan berjudul “Indonesia-Ethiopia How to increase Student connectivity".


Baca juga: Para pemimpin EU akan setujui bentuk dana rekonstruksi Ukraina

Baca juga: Pemimpin militer Rusia dan AS bahas situasi Ukraina via telepon

Pewarta: Katriana
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2022