BKN luncurkan SPEKTRA

BKN luncurkan SPEKTRA

Badan Kepegawaian Negara (BKN) meluncurkan aplikasi SPEKTRA di Jakarta, Jumat (20/5/2022). ANTARA/HO-BKN

Jakarta (ANTARA) - Badan Kepegawaian Negara (BKN) meluncurkan aplikasi Sistem Perencanaan Anggaran dan Keuangan Terintegrasi (SPEKTRA) untuk mendukung tata kelola keuangan negara.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKN, Bima Haria Wibisana mengatakan, aplikasi tersebut untuk mewujudkan tata Kelola keuangan negara yang efektif, efisien dan akuntabel.

"Ke depan akan terus mengembangkan SPEKTRA agar mampu melahirkan Sistem Informasi Keuangan yang holistik dan andal dalam menyelesaikan berbagai persoalan keuangan di BKN," kata Bima di Jakarta, Jumat.

Bima menambahkan, aplikasi tersebut mampu mengintegrasikan data dan sistem internal BKN dengan Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) milik Kementerian Keuangan.

Kemampuan SPEKTRA dalam mengintegrasikan sistem internal BKN ini berkontribusi dalam peningkatan nilai Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

Baca juga: Polri koordinasikan NIP 44 eks pegawai KPK dengan BKN
Baca juga: BKN: Masalah server SKB CPNS di Jakarta Selatan karena jaringan


SPEKTRA juga merupakan tindak lanjut nota kesepahaman antara Direktorat Sistem Informasi Teknologi Perbendaharaan Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan dan Sekretaris Utama BKN tentang Interkoneksi Data SAKTI dari Monitoring Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (MONSAKTI) ke SPEKTRA-BKN.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan melalui SPEKTRA. Di antaranya penyederhanaan proses bisnis pengelolaan perencanaan anggaran dan keuangan dan meningkatkan pengendalian dan monitoring atas pelaksanaan anggaran.

Selain itu mencegah terjadinya potensi penumpukan anggaran di akhir tahun hingga berkontribusi menjaga "cash flow" keuangan negara.

"Dengan lahirnya SPEKTRA diharapkan akan tercipta peningkatan Kinerja Keuangan di BKN yang berdampak pada peningkatan kinerja organisasi," ujar Bima.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar