Kami berkomitmen memastikan peningkatan rasio bauran energi baru terbarukan yang dapat terealisasi dengan inovasi, dan kolaborasi...
Denpasar (ANTARA) - PT PLN (Persero) menyebutkan potensi pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMh) di Bali sebagai salah satu sumber energi baru dan terbarukan (EBT) mencapai 24,5 megawatt (MW).

Namun pemanfaatan atau bauran energi yang bersumber dari PLTMh baru mencapai 3,4 MW, kata Senior Manager Perencanaan Unit Induk Distribusi (UID) Bali Putu Putrawan sebagaimana dikutip dari siaran tertulis yang diterima di Denpasar, Jumat.

Oleh karena itu, PLN UID Bali berencana meningkatkan pemanfaatan potensi energi baru dan terbarukan di Bali, utamanya dari PLTMh dan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

“Kami berkomitmen memastikan peningkatan rasio bauran energi baru terbarukan yang dapat terealisasi dengan inovasi, dan kolaborasi dengan berbagai pihak, baik dari segi perizinan, investasi, maupun inovasi pendukung yang mampu mempercepat transisi (menuju) energi (bersih),” kata Putu.

Baca juga: Pengusaha di Bali beralih ke energi bersih beli ribuan unit REC PLN

Ia menyebut potensi EBT di Bali tidak hanya dari mikrohidro dan surya, tetapi juga berasal dari panas bumi dan angin.

Pada 2023 rencananya ada pembangunan pembangkit berbasis EBT berkapasitas 1,3 MW.

“Target kami pada 2030 ada total penambahan listrik yang bersumber dari EBT sebesar 238,8 MW sehingga bauran energi baru terbarukan nantinya dapat mencapai 13,49 persen,” kata dia.

PLTMh yang telah beroperasi di Bali saat ini berlokasi di Desa Sambangan, Singaraja, Buleleng.

Pembangkit berkapasitas 2x700 kilowatt (KW) itu telah beroperasi sejak 2016 dan saat ini PLTMh itu merupakan pembangkit mikrohidro komersial pertama dan satu-satunya di Bali.

Baca juga: Pengamat: Keputusan tidak ekspor EBT bisa berdampak terhadap investasi

Manajer PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Bali Utara Agus Yudistira menjelaskan PLTMh di Sambangan itu memanfaatkan aliran air sungai di Tukad Buleleng.

Tidak hanya sebagai pembangkit listrik, PLTMh itu juga menjadi media pembelajaran untuk masyarakat dan perusahaan yang ingin memperoleh informasi mengenai energi baru terbarukan.

“PLTMh ini tak hanya berfungsi sebagai penyedia tenaga listrik untuk jaringan di Bali bagian utara saja, tetapi juga berfungsi sebagai showcase (contoh, Red.) solusi energi baru terbarukan di Bali,” kata Agus Yudistira.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022