Ini program hanya ada di Kota Makassar dan ini merupakan 'support' dari Pemerintah Australia
Makassar (ANTARA) - Konsul Jenderal Australia di Makassar Bronwyn Robbins bersama perwakilan Monash University menemui Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto untuk membahas Program Revitalisasi Permukiman Informal dan Lingkungannya (RISE).

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Jumat, mengatakan Program Revitalising Informal Settlements and their Environment (RISE) berada di salah satu wilayah di Makassar dan akan dimaksimalkan dengan sinergi yang baik.

"Ini program hanya ada di Kota Makassar dan ini merupakan support dari Pemerintah Australia. Kami atas nama pemerintah kota menyampaikan banyak terima kasih," ujarnya.

Baca juga: UMI Makassar siapkan mahasiswa jadi wirausahawan

Danny -- sapaan akrab Randhan Pomanto menjelaskan program revitalisasi pemukiman itu salah satu kegiatan yang sifatnya mendunia.

Apalagi, kata dia, program tersebut hanya ada di Makassar dengan sistem berkelanjutan. Program tersebut juga ada di beberapa negara salah satunya Jepang.

"Bersama dengan kota Suva dan Fiji di Jepang, ini suatu kehormatan bagi kita di Makassar, Pemerintah Australia senang sekali dapat mendukung kita sehingga program ini harus kita sukseskan. Itu juga bersinergi dengan program program pemerintah kota sebelumnya seperti: lorong wisata, Aparong dan Lorong KB," katanya.

Baca juga: European Investment ajak Pemkot Makassar mewujudkan BRT karbon rendah

Sementara itu, Konsul Jenderal Australia di Makassar Bronwyn Robbins yang mendengar penjelasan wali kota menyampaikan terima kasihnya atas kerja sama yang selama ini dikerjakan bersama.

"Ada beberapa program yang sedang kami jalankan di Indonesia khususnya Kota Makassar yang salah satunya adalah RISE. Program ini sendiri dijalankan oleh Monash University," ujarnya.

Bronwyn Robbins berharap pemerintah kota bisa memberikan penyediaan layanan air bersih dan sanitasi yang lebih baik untuk enam lokasi pemukiman informal.

Baca juga: Wihara Girinaga Makassar kebakaran akibat lilin jatuh

Bronwyn pun mengajak Wali Kota Makassar Danny Pomanto agar hadir pada acara pembukaan program yang akan dijalankan beberapa bulan mendatang di wilayah Batua, Kecamatan Manggala.

Hadir dalam pertemuan tersebut Fenni Rum (Program Manager, Australian Embassy, Jakarta), Steven Chaytor (KIAT Facility Director), Brett Davis (RISE Program Manager), Kerrie Burge (Project Manager) serta hadir pula perwakilan dari Bappenas dan Kementerian PUPR.

Baca juga: Pemkot buka pintu masuk investasi untuk bangun Kota Makassar

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022