ni menjadi personal record bagi saya
Hoa Binh (ANTARA) - Pebalap sepeda Aiman Cahyadi berharap bisa meraih medali emas SEA Games 2021 Vietnam pada nomor road race perseorangan untuk menebus kegagalannya tampil sebagai juara pada nomor Mens Road Individual Time Trial.

Pada perlombaan yang berlangsung di Hoa Binh, Vietnam, Jumat, Aiman finis di urutan kedua dan meraih medali perak dengan catatan waktu 48 menit 37,903 detik dan kecepatan rata-rata 48,81 kilometer/jam.

"Mudah-mudahan di (nomor) road race diberikan kemudahan dan kesuksesan," kata Aiman, di Hoa Binh, Hanoi, Jumat.

Baca juga: Aiman amankan medali perak balap sepeda

Aiman mengaku sudah menampilkan kemampuan terbaiknya, tetapi ternyata lawan-lawannya sangat kompetitif dan tampil lebih baik.

Meski meraih medali perak, ternyata catatan waktu Aiman pada SEA Games kali ini memecahkan personal record yang dicetaknya pada di SEA Games 2019 di Filipina, yakni 58 menit 37,003 detik pada jarak 35 km.

"Ini menjadi personal record bagi saya. Karena SEA Games kemarin powernya lebih tinggi sekarang. Tapi memang lawannya pun bagus juga," ujarnya.

Ketiadaan kompetisi selama dua tahun pandemi COVID-19 menjadi kendala tersendiri bagi Aiman karena tidak bisa mengukur kekuatan lawan dan melakukan evaluasi.

Mengenai rute, Aiman mengatakan bersifat kondisional karena pada SEA Games Filipina menanjak, sedangkan di Vietnam kali ini datar dan lebih jauh.

"Kalau di sini lebih jauh. Saya butuh menaikkan berat badan 4-6 kilogram menyesuaikan track. Tapi itu kondisional. Kesulitannya lebih karena tidak ada kompetisi sebelumnya. Jadi, kita tidak bisa membaca kekuatan lawan. Tidak bisa evaluasi dari kompetisi," kata Aiman.

Baca juga: Ayustina raih medali emas ITT putri balap sepeda SEA Games 2021
Baca juga: Zainal Fanani sumbang emas kedua balap sepeda SEA Games Vietnam

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022