Jakarta (ANTARA) - PT Sang Hyang Seri sebagai bagian dari Holding BUMN Pangan bersama dengan Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) menjalin kolaborasi melalui penandatanganan Nota Kesepahaman mengenai Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menindaklanjuti kerjasama dalam riset peningkatan mutu kualitas benih jagung dan gandum.

Direktur Utama PT Sang Hyang Seri, Maryono mengatakan bahwa kerjasama yang dilakukan dengan UAI ini khususnya untuk meningkatkan kualitas benih jagung dan gandum di tengah permasalahan global saat ini. Ditambah lagi, PT Sang Hyang Seri sekarang memiliki 3.200 lebih hektar tanah yang berada di Sukamandi, Subang untuk dapat dieksplor lebih dalam agar dapat memberikan manfaat yang besar, baik itu untuk perusahaan dan Ketahanan Pangan Nasional.

“PT Sang Hyang Seri saat ini memiliki lahan utama yang berada di Sukamandi seluas 3.200 hektare untuk pertanian, maka dari itu untuk memberikan manfaat yang jauh lebih besar kerjasama ini terjalin. Kerjasama ini untuk memperkuat Ketahanan Pangan Nasional khususnya pada benih jagung dan gandum, yang tidak menutup kemungkinan akan ada inovasi – inovasi dan perkembangan baru yang akan dieksplor lebih jauh bersama dengan UAI,” ujar Maryono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Tentunya kerjasama – kerjasama lain akan terus terjalin diantara PT Sang Hyang Seri dan UAI dalam melakukan riset lebih jauh agar hasil – hasil riset ini dapat digunakan bagi perusahaan – perusahaan maupun instansi pemerintah khususnya PT Sang Hyang Seri.

Maryono berharap dengan adanya kerjasama ini akan memberikan dampak dan manfaat yang besar untuk Ketahanan Pangan Nasional khususnya untuk benih Jagung dan Gandum. Serta, saat ini PT Sang Hyang Seri akan terus mengoptimalkan lahan yang berada di Sukamandi, Subang seluas 3.200 hektare tersebut.

Tujuan diadakan Nota Kesepahamaan ini untuk melakukan penjajakan, diskusi dan negosiasi lebih lanjut untuk rencana kerjasama kedepannya. Kerjasama yang diajukan meliputi riset dan pelatihan pengembangan untuk benih jagung dan gandum untuk memperkuat Ketahanan Pangan Nasional. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Graha Gabah, Kantor Pusat PT Sang Hyang Seri.

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara PT Sang Hyang Seri dan UAI yang dilakukan oleh Direktur Utama PT Sang Hyang Seri Maryono dan Rektor UAI Prof Dr Ir Asep Saefuddin MSc, lalu dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan cinderamata dan foto bersama.

Rektor Universitas Al - Azhar Indonesia (UAI) Prof Dr Ir  Asep Saefuddin MSc menyampaikan bahwa kerjasama ini akan memberikan keuntungan untuk masing-masing pihak, dimana hasil riset yang dilakukan oleh Universitas Al – Azhar Indonesia dapat diimplementasikan secara real di lapangan untuk membantu Ketahanan Pangan Nasional.

“Dalam kerjasama yang terjalin ini juga dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa – mahasiswa Universitas Al – Azhar Indonesia (UAI) untuk belajar mengenai pertanian melalui PT Sang Hyang Seri serta para karyawan PT Sang Hyang Seri bisa memberikan ilmunya di Kampus Universitas Al – Azhar Indonesia (UAI)," kata Asep.

Baca juga: Presiden Jokowi teken PP penggabungan Pertani ke Sang Hyang Seri
Baca juga: Sang Hyang Seri telah salurkan 3.800 ton benih padi hingga April 2022
Baca juga: Tiga BUMN berkolaborasi kembangkan produk biomassa untuk PLTU

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022