Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta menginformasikan tinggi muka air (TMA) di Pintu Air Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara turun menjadi 205 sentimeter (cm) pada Sabtu pukul 07.00 WIB.

Data BPBD DKI di Jakarta menyebutkan Pintu Air Pasar Ikan berstatus siaga dua dengan ketinggian muka air di atas 200 cm sejak pukul 00.00 WIB hingga 07.00 WIB.

Oleh karena itu, BPBD DKI sempat melakukan penyebaran informasi dan pemberitahuan kepada camat/lurah setempat tentang status siaga dua di Pintu Air Pasar Ikan.

Berdasarkan kronologi, TMA Pintu Air Pasar Ikan berstatus siaga dua sejak pukul 00.00 WIB karena cuaca mendung dan ketinggian muka air mencapai 240 cm, kemudian tiga jam setelahnya, TMA naik lima sentimeter menjadi 245 cm.

Namun pada pukul 05.00 WIB, ketinggian muka air turun menjadi 229 cm, pukul 06.00 WIB turun lagi empat sentimeter menjadi 225 cm dan pukul 07.00 WIB ketinggian air di pintu air yang alirannya mengarah ke laut itu menjadi 205 cm.

Baca juga: Tinggi muka air Pintu Air Pasar Ikan turun jadi 181 cm

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, pasang air laut pukul 07.00 WIB merupakan ketinggian minimum pada Sabtu yakni 0,5 meter, sedangkan ketinggian maksimum pada Sabtu sudah dicapai sebelumnya pada pukul 00.00 WIB yakni satu meter.

Cuaca di perairan Laut Jawa bagian barat, perairan Kepulauan Seribu dan Teluk Jakarta berpotensi hujan ringan dengan ketinggian gelombang antara 0,5-1,25 meter.

Di Teluk Jakarta dan perairan Kepulauan Seribu, angin berhembus dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan antara 6-15 knots (Teluk Jakarta) dan 8-15 knots (perairan Kepulauan Seribu). Sedangkan angin di perairan Laut Jawa bagian barat berhembus dari timur ke selatan antara 8-15 knots.

Adapun prakiraan cuaca pelabuhan di daratan Jakarta pada Sabtu ini seluruhnya hujan ringan menurut prakiraan BMKG.

Seperti di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, suhu udara berkisar 26-27 derajat celsius dan kelembaban 82-90 persen diperkirakan hujan ringan dengan ketinggian gelombang antara 0,1-0,5 meter dan hembusan angin dari tenggara ke selatan antara 2-5 knots.

Baca juga: Awas, tinggi muka air laut di Pompa Pasar Ikan lebih dari dua meter

Demikian pula di Pelabuhan Marunda dan Pelabuhan Kalibaru di Cilincing, Pelabuhan Sunda Kelapa, Pelabuhan Perikanan Samudra Nizam Zachman Muara Baru, serta Pelabuhan Kaliadem Muara Angke di Penjaringan.

Adapun prakiraan jarak pandang maksimum (visibilitas) di seluruh pelabuhan daratan Jakarta adalah enam kilometer.

BPBD DKI Jakarta turut mengimbau warga untuk mewaspadai potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada siang dan sore hari, serta di Kabupaten dan Kota Bogor dan Kota Depok antara siang hingga menjelang malam hari.

Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara juga berpotensi hujan ringan pada siang hingga malam hari, sedangkan Kepulauan Seribu diperkirakan mengalami cuaca berawan.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022