Jakarta (ANTARA News) - PT Telkom Tbk meraih penghargaan dari Indonesia Corporate Social Relationshop Award (ICA) 2011 pada Konferensi Nasional III Corporate Forum for Community Development (CFCD).

"Penghargaan ini berbagai sumbangsih sosial yang diberikan Telkom selama ini telah mendapat respon positif dari pemerintah dan masyarakat," kata Head of Corporate Communication and Affair Telkom Eddy Kurnia, dalam siaran persnya di Jakarta, Minggu.

Eddy Kurnia menyatakan Telkom meraih penghargaan untuk kategori program maupun perorangan, termasuk penghargaan CEO Terbaik 2011 untuk Direktur Utama Telkom, Rinaldi Firmansyah.

Eddy menjelaskan salah satu fokus utama CSR Telkom adalah Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) terkait dengan pendidikan dan pembelajaran serta pengembangan industri kreatif melalui berbagai inkubasi bisnis.

"Dana bergulir Program Kemitraan yang telah disalurkan Telkom sampai dengan triwulan III 2011 mencapai Rp1,423 miliar dengan jumlah 78.211 mitra binaan," katanya.

Sementara itu pada kategori program, Telkom meraih penghargaan bidang konsumen berkat peluncuran program Internet Sehat dan Aman (Insan).

"Telkom tidak sebatas menjual produk tetapi juga peduli terhadap keamanan dan penggunaan akses internet serta mendorong penggunaan internet untuk kegiatan yang lebih produktif," kata Eddy.

Pada bidang sosial Telkom memperkenalkan pelaksanaan I-Chat (I Can Hear and Talk) aplikasi dan portal yang membantu masyarakat, khususnya guru Sekolah Luar Biasa (SLB).

Di bidang ekonomi, Telkom mengembangkan program "Kampung Telkom Sejahtera" di Desa Koto Mesjid, Kabupaten Kampar, Riau, dan Malang, Jawa Timur.

Dalam bidang Hak Asasi Manusia (HAM), Telkom meraih penghargaan karena dinilai mampu melakukan harmonisasi antara manajemen dan Serikat Karyawan.

Penghargaan bidang lingkungan, perusahaan melaksanakan "Go Green Telkom" Paperless Office Internal Telkom (POINT) yaitu program pengurangan penggunaan kertas secara signifikan karena pemrosesan surat keluar masuk, penomoran dan pengagendaan, pengarsipan surat, disposisi, delegasi dan lain-lain dilakukan tanpa kertas dan "online".

Indonesia CSR Award 2011 merupakan penghargaan terbaik bagi perusahaan yang menjalankan CSR dengan fokus kepada komitmen dan upaya perusahaan yang beroperasi secara legal, minimal risiko perusahaan berkontribusi terhadap pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan untuk meningkatkan kualitas hidup pemangku kepentingan.
(Tz R017/A011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011