Jakarta (ANTARA) - Juventus mengakhiri musim yang buruk dengan catatan mengecewakan setelah kalah 0-2 di kandang Fiorentina dalam pertandingan terakhir Serie A musim ini di mana tuan rumah mengamankan tempat Liga Conference Europa musim depan berkat kemenangan ini.

Dalam pertandingan lainnya, Lazio memastikan tiket Liga Europa dengan finis urutan kelima setelah seri 3-3 melawan Hellas Verona yang memastikan finis urutan kesembilan dengan 53 poin kecuali Sassuolo menang dengan selisih enam gol dalam pertandingan terakhir mereka Minggu malam nanti.

Kemenangan tersebut memastikan Fiorentina finis urutan ketujuh musim ini sehingga berhak masuk kompetisi kontinental musim depan, sementara Juve mengakhiri kampanye dengan 70 poin pada urutan keempat, atau poin terendah Serie A mereka sejak 2010-2011.

Baca juga: Angel Di Maria akan gabung ke Juventus dengan status bebas transfer
Baca juga: Genoa tutup musim dengan kekalahan ke-18 dan resmi degradasi

Tim tamu yang telah memastikan tempat Liga Champions, berjuang keras pada babak pertama dengan gagal menciptakan peluang bersih, sebaliknya Fiorentina menjadi tim yang jauh lebih baik dan memimpin melalui Alfred Duncan pada waktu tambahan babak pertama.

Bek veteran Giorgio Chiellini tidak tampil pada babak kedua dengan menonton dari pinggir lapangan selama sisa 561 penampilannya dan yang terakhir untuk klub ini dalam semua kompetisi.

Masuknya Dusan Vlahovic sebagai pemain pengganti memicu ejekan dari para pendukung tuan rumah yang belum memaafkan striker Serbia itu karena meninggalkan Florence untuk bergabung dengan Juve pada Januari. Vlahovic gagal mengubah banyak hal karena tim tamu terus kekurangan potensi.

Fiorentina yang memegang kendali permainan menggandakan kedudukan pada menit tambahan babak kedua saat Nicolas Gonzalez mengonversi penalti untuk mengakhiri harapan tipis Juve mendapatkan sesuatu dari pertemuan hari terakhirnya.

Baca juga: Giorgio Chiellini akan tinggalkan Juventus di akhir musim 2021/22

Dalam pertandingan pekan terakhir Serie A lainnya Sabtu malam waktu setempat, tuan rumah Atalanta menyerah 0-1 kepada Empoli gara-gara gol Leo Stulac pada menit 79.

Tetapi Atalanta tetap finis urutan kedelapan dengan 59 poin, sedangkan Empoli finis urutan 14 dengan 41 poin.

Lazio juga memastikan masuk Liga Europa setelah finis urutan kelima dengan 64 poin atau satu poin di atas AS Roma yang menduduki urutan keenam, setelah seri 3-3 melawan Hellas Verona dalam pertandingan terakhir mereka musim ini.

Giovanni Simeone membawa Verona unggul lebih dulu pada menit keenam yang digandakan pada menit ke-14 oleh Kevin Lasagna.

Dua menit kemudian Jovane Cabral membuat Lazio menipiskan ketertinggalan sebelum Felipe Anderson menyamakan kedudukan pada menit ke-29.

Setelah mengakhiri babak pertama pada kedudukan 2-2, Lazio balik unggul pada babak kedua ketika Pedro mencetak gol pada menit ke-62 namun Martin Hongla menyamakan kedudukan pada menit ke-76, demikian Reuters dan ESPN.

Rangkaian laga terakhir Liga Italia musim ini akan dilanjutkan Minggu malam sampai Senin dini hari nanti.

Baca juga: Savic antar Lazio imbangi Juve 2-2 sekaligus lolos Liga Europa
Baca juga: AS Roma akhiri musim dengan kemenangan 3-0 atas Torino

 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022