Liga Prancis

Klasemen dan laga pamungkas Liga Prancis: Marseille ke Liga Champions

Klasemen dan laga pamungkas Liga Prancis: Marseille ke Liga Champions

Para pemain Marseille merayakan kemenangan besar 4-0 dalam pertandingan terakhir Liga Prancis melawan RC Strasbourg Alsace di Stade Velodrome di Marseille, Prancis, 21 Mei 2022. (AFP/SYLVAIN THOMAS)

Jakarta (ANTARA) - Olympique de Marseille mengalahkan Racing Strasbourg 4-0 sehingga menggeser AS Monaco ke posisi kedua klasemen akhir Ligue 1 untuk lolos ke babak grup Liga Champions dengan sedikit bantuan dari RC Lens saat musim berakhir di tengah kabar Kylian Mbappe memastikan tetap bersama Paris St Germain.

Monaco masuk babak kualifikasi ketiga Liga Champions setelah gol terakhir Ignatius Ganago ketika imbang 2-2 melawan tuan rumah Lens membuat mereka gagal menjadi runner-up pada pertandingan putaran terakhir Sabtu malam waktu setempat.

Semua mata tertuju kepada Parc des Princes ketika diumumkan bahwa Mbappe telah menandatangani kontrak baru tiga tahun bersama juara Liga Prancis yang mengalahkan Metz 5-0. Mbappe mencetak hattrick untuk menuntaskan status pencetak gol terbanyak Ligue 1 musim ini dengan 28 gol.

Hasil itu membuat Metz terlempar ke Ligue 2 bersama dengan Girondins de Bordeaux, yang terdegradasi setelah 30 tahun berturut-turut bercokol di liga papan atas meskipun menang 4-2 melawan tuan rumah Brest karena mereka tetap di dasar klasemen.

Baca juga: Hattrick Mbappe antar PSG tutup musim dengan gasak Metz 5-0

St Etienne memetik hasil imbang 1-1 di kandang Nantes untuk finis urutan 18 sehingga berhak mendapatkan jatah playoff degradasi/promosi melawan klub divisi dua AJ Auxerre.

Marseille berakhir pada urutan kedua dengan 71 poin atau selisih 15 di belakang PSG yang sudah dinobatkan sebagai juara liga bulan lalu.

Marseille menjadi unggul dua poin dari Monaco yang sempat akan bertahan pada posisi kedua sampai gol Ganago enam menit memasuki waktu tambahan menghamburkan impian Monaco.

Benoit Badiashile membatalkan gol pembuka Przemyslaw Frankowski untuk tuan rumah pada menit ke-34 dari tendangan jarak dekat sebelum gol babak kedua Wissam Ben Yedder menempatkan Monaco di jalur finis tempat kedua.

Tapi gol Ganago dari dalam kotak pada detik-detik terakhir menggagalkan Monaco menang 10 berturut-turut yang juga kemenangan yang sangat mereka butuhkan.

Baca juga: Nantes juara Piala Prancis setelah kalahkan Nice 1-0

Marseille menang dalam pacuan kualifikasi Liga Champions langsung berkat dua gol Gerson dan gol Cengiz Under dan Cedric Bakambu tetapi justru gol yang dibuat Ganago untuk Lens yang otomatis memastikan Marseille finis tempat kedua.

Stade Rennais yang lama mengincar tempat Liga Champions finis urutan keempat sehingga ermain di Liga Europa setelah gol perpanjangan waktu Serhou Guirassy membuat mereka mengimbangi Lille 2-2.

Baca juga: St Etienne dihukum jalani laga tanpa penonton

(Selanjutnya: Mbappe hattrick)

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar