Jakarta (ANTARA) - Bam Adebayo mengambil alih kendali dengan membukukan 31 poin, 10 rebound, enam assist, dan empat steal untuk memenangkan Miami Heat 109-103 atas Boston Celtics dalam Gim 3 final Wilayah Timur NBA di TD Garden, Massachussetts, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Bintang utama Heat Jimmy Butler tidak bisa menuntaskan pertandingan dan hanya bermain selama 19 menit dalam dua kuarter awal menyumbangkan delapan poin sebelum dibekap cedera lutut yang dideritanya.

P.J. Tucker menambahkan 17 poin, Max Strus memperoleh 16 poin, sedangkan Kyle Lowry yang baru kembali setelah absen empat gim turut menyumbang 11 poin dan enam assist bagi Heat yang kini memegang keunggulan seri 2-1 atas Celtics.

Baca juga: Butler pimpin Heat tekuk Celtics pada Gim 1 final Wilayah Timur

Cedera juga mengganggu penampilan Celtics, di mana Jayson Tatum dan Marcus Smart sempat menepi serta menerima perawatan di ruang ganti, tetapi keduanya bisa melanjutkan pertandingan.

Jaylen Brown jadi penampil terbaik Celtics dengan raihan 40 poin dan sembilan rebound, diikuti 20 poin dan 14 rebound milik Al Horford, 16 poin dari Smart, serta masing-masing 10 poin yang dicetak Tatum dan Grant Williams, demikian catatan situs resmi NBA.

Setelah menelan kekalahan pertama gim kandang di fase playoff musim ini dalam pertandingan sebelumnya, Heat tampil dominan dalam dua kuarter pertama bahkan menjaga keunggulan sepanjang laga.

Heat merasakan marjin keunggulan terbesar mereka yakni sejauh 26 poin dalam kedudukan 62-37 sekira tiga menit sebelum kuarter kedua berakhir dan Celtics menjawabnya dengan 10 poin terakhir untuk memangkas jarak 47-62.

Baca juga: Kevon Looney jadi buah bibir usai berkontribusi tundukkan Mavericks

Situasi kian buruk bagi Heat, sebab pengeras suara mengumumkan bahwa Butler tidak akan bisa melanjutkan pertandingan karena cedera lutut kanan.

Setelah menutup kuarter ketiga dengan memangkas jarak ketertinggalan menjadi 72-87, Celtics terus berjibaku hingga bisa mendekat sejarak 92-93 berkat tripoin Brown pada saat pertandingan menyisakan dua menit 40 detik.

Tim tamu menjawabnya dengan tripoin milik Strus diikuti aksi Adebayo melewati Horford untuk melebarkan lagi jarak keunggulan jadi enam poin, marjin yang bertahan hingga pertandingan berakhir dengan kemenangan 109-103 atas Celtics.

Heat tentu kini berpacu dengan waktu berharap Butler bisa pulih cukup cepat sebelum Gim 4 dimainkan di markas Celtics lagi pada Senin (23/5) waktu setempat.

Baca juga: Doncic mau beranjak dari kegagalan jaga keunggulan 19 poin Mavericks
Baca juga: Lakers tetapkan tiga kandidat akhir pelatih kepala anyar

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022