SEA Games 2021

Erick Thohir bangga tim bola basket Indonesia ukir sejarah di Vietnam

Erick Thohir bangga tim bola basket Indonesia ukir sejarah di Vietnam

Sejumlah pebasket Indonesia berselebrasi usai mengalahkan Tim Filipina dalam laga final bola basket SEA Games 2021 Vietnam di Thanh Tri District Sporting Hall, Hanoi, Vietnam,ÊMinggu (22/5/2022). Indonesia mengalahkan Filipina dengan skor 85-81 sehingga memastikan diri menjadi peraih medali emas dan sekaligus merupakan pertama dalam sejarah keikutsertaan Tim Basket Indonesia di SEA Games. ANTARA FOTO/Fauzi Saputra/app/wsj.

Indonesia memutus dominasi Filipina yang meraih medali emas SEA Games 13 kali beruntun
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir yang dikenal "penggila" olahraga bola basket sangat bangga dengan prestasi timnas Indonesia yang mencetak sejarah dengan meraih medali emas cabang olahraga bola basket putra SEA Games 2021.

"Sejarah Terciptakan. Timnas basket putra Indonesia raih medali emas SEA Games 2021. Indonesia memutus dominasi Filipina yang meraih medali emas SEA Games 13 kali beruntun,” kata Erick melalui pesan tertulis, Minggu.

Timnas basket putra Indonesia tampil sebagai juara SEA Games untuk pertama setelah mengalahkan sang juara bertahan Filipina dengan skor 85-81 di Thanh Try Gymnasium, Hanoi, Vietnam, Minggu.

Kemenangan timnas Indonesia yang diasuh pelatih berkebangsaan Serbia, Milos Pejic, itu menjadi sejarah baru. Sebelumnya prestasi terbaik Indonesia di basket putra SEA Games hanya medali perak.

Filipina sebelumnya nyaris tak tersentuh sebagai raja bola basket Asia Tenggara dengan 18 kali merebut emas SEA Games. Filipina menjadi juara bola basket sejak pertama kali olahraga ini dipertandingkan di SEA Games pada 1977 hingga 2019. Mereka hanya melepas emas kepada Malaysia pada 1979 dan 1989.

"Ini pertama kalinya Indonesia meraih medali emas dari cabang olahraga basket sejak keikutsertaan pada 1977. Indonesia memutus dominasi Filipina yang meraih medali emas SEA Games 13 kali beruntun," kata Erick Thohir yang saat ini tercatat sebagai Anggota Central Board Federasi Bola Basket International (FIBA).

Baca juga: Raih emas, basket putra Indonesia cetak sejarah di SEA Games

Indonesia memang selama ini selalu di bawah bayang-bayang Filipina mengingat bola basket menjadi cabang olah raga paling populer di negara yang pernah dijajah Amerika ini.

Kuatnya dominasi Filipina membuat Indonesia beberapa kali harus puas dengan medali perak, bahkan pada SEA Games 2019, Indonesia harus pulang dengan tangan hampa setelah ditaklukkan Vietnam dalam perebutan medali perunggu.

Atas prestasi timnas bola basket Indonesia itu, sebagai penggiat bola basket, Erick Thohir menyampaikan terimakasih kepada segenap pihak yang mendukung kemajuan olahraga bola basket Indonesia.

"Kepada Seluruh Individu dan institusi - terima kasih untuk percaya dan dorong prestasi bola basket Indonesia," kata Erick Thohir.

Baca juga: Juan Laurent tak menyangka bisa cetak sejarah basket Indonesia

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar