Kabupaten Pasangkayu sebagai penghasil sawit di Sulbar akan dijadikan daerah percontohan.
Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) terus memperkuat data potensi sumber daya daerah dalam rangka menumbuhkan investasi.

"Dalam rangka memajukan ekonomi daerah dengan menumbuhkan investasi maka yang harus diperkuat adalah data potensi daerah dan itu akan dilaksanakan ke depan," kata Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan dengan  data yang kuat maka investor akan mampu membaca peluang ekonomi untuk  membangun daerah.

Menurut dia, seluruh desa di Sulbar akan diminta agar memiliki data potensi daerah masing masing dan Kabupaten Pasangkayu sebagai penghasil sawit di Sulbar akan dijadikan daerah percontohan.

"Kabupaten Pasangkayu yang telah memiliki potensi unggulan daerah, akan dimulai melengkapi data pembangunan di desanya dan seluruh wilayah Sulbar juga akan diminta agar memiliki data potensi daerah," katanya.

Gubernur juga menyampaikan dengan data yang baik maka pemerintah pusat juga akan lebih baik dalam memberikan alokasi anggaran pembangunan yang dibutuhkan bagi daerah ini.

Ia mengatakan kelemahan pembangunan di Sulbar selama ini, karena tidak memiliki data pembangunan yang memadai sehingga peran pemerintah pusat dan investor tidak maksimal dalam membangun daerah ini.

Ia juga telah meminta agar organisasi pemerintah daerah di Sulbar mulai menyusun sistem data pembangunan daerah untuk kebutuhan pembangunan.

"Bantuan pembangunan bagi masyarakat sangat penting dengan data yang detail dan akurat, sehingga pemerintah pusat dapat maksimal membantu masyarakat dan tentu akan berpengaruh bagi pembangunan ekonomi daerah dan akan membuat Sulbar menjadi daerah berkembang," katanya.
Baca juga: Pertumbuhan 3,2 persen triwulan IV sinyal pemulihan ekonomi Sulbar
Baca juga: Nilai Tukar Petani Sulbar turun 1,93 persen
Baca juga: DPD RI harapkan vaksin COVID-19 pulihkan ekonomi Sulbar

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022